Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumah di Balikpapan Tembus Rp 5 Miliar per Unit!

Kompas.com - 08/05/2014, 13:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Berkembangnya pasar properti di daerah, meninggalkan rekor-rekor baru yang tak kalah mengejutkan dengan pasar properti di kawasan Jabodetabek. Catatan terbaru adalah pencapaian harga rumah di Citra Bukit Indah Balikpapan.

Harga rumah baru di kompleks hunian yang dikembangkan Ciputra Group melalui PT Ciputra Bangun Mitra itu saat ini sudah menembus angka Rp 5 miliar per unit untuk harga tertinggi. Adapun untuk harga terendahnya senilai Rp 2,5 miliar per unit.

Menurut Project Manager PT Ciputra Bangun Mitra, Ardian Hendra, para pembeli rumah tersebut sebagian besar didominasi oleh pebisnis dari luar kota, yaitu Samarinda, Makassar, Manado, Jakarta, dan Surabaya.

"Selain pembeli domestik, para ekspatriat juga banyak yang menjadikannya sebagai hunian melalui home ownership program. Bahkan, baru-baru ini ada investor asal Jepang membeli beberapa unit," beber Ardian kepada Kompas.com, Rabu (7/5/2014). 

Tingginya harga rumah baru tersebut, lanjut Ardian, tak lain karena dipicu harga lahan yang juga sudah selangit. Untuk lahan di dalam kawasan pengembangan Citra Bukit Indah, saat ini sudah bertengger di angka Rp 5 juta hingga Rp 7 juta per meter persegi.

"Sedangkan mendekati jalan raya bisa mencapai Rp 15 juta per meter persegi, dan di dalam kawasan CBD Balikpapan berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 30 juta per meter persegi," tandas Ardian.

Selain Ciputra Group, pengembang Nasional lain yang membangun kompleks perumahan adalah Sinarmas Land dengan Grand City, Cowell Development dengan Borneo Paradiso, Wika Realty yang menggarap pasangan dan keluarga muda melalui Tamansari Bukit Mutiara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com