Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Merdu" yang Menyenangkan

Kompas.com - 25/04/2014, 11:26 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Kouichi Kimura, arsitek Kimura Form/Kouichi, baru saja menyelesaikan hunian yang disebutnya dengan 'Rumah Merdu '. Hunian tersebut berada di satu sudut jalan dan tampak menonjol di kawasan perumahan Shiga, Japan.

Kimura menampilkan rumah yang menawarkan penghuninya sebuah ruang hidup nyaman dan menyenangkan. Ia memulainya melalui fasad "tertutup" yang menghadap jalan untuk melindungi privasi penghuni rumah dari tetangga dan lingkungan sekitarnya.

www.designboom.com Siapapun akan segera menjumpai volume luas yang digambarkan dengan ketinggian penuh pada pintu geser rumah tersebut.
Berkaitan dengan skala dan proporsi, Kimura memadukan rumah itu dan lingkungan sekitarnya dengan menawarkan fasad khas dan individual. Setelah masuk ke dalam, siapapun akan segera menjumpai volume luas yang digambarkan dengan ketinggian penuh pada pintu geser rumah tersebut.

Ruang-ruang di dalamnya tampak terhubung dengan pintu masuk yang berfungsi sebagai area terintegrasi. Ketika pintu tertutup, akan tampaklah kamar-kamar dengan konsep lebih intim dan penuh privasi.

www.designboom.com Di ruangan atas, ruang tamu dan makan diakomodasi dengan tirai dinding bertekstur sebagai pemisah ruang. Volume luas ruangan ini disi dengan meja dan bangku, serta permainan cahaya alami dari sekitar tangga yang letaknya di sisi berlawanan dari rumah.
Di ruangan atas, ruang tamu dan makan diakomodasi dengan tirai dinding bertekstur sebagai pemisah ruang. Volume luas ruangan ini disi dengan meja dan bangku, serta permainan cahaya alami dari sekitar tangga yang letaknya di sisi berlawanan dari rumah.

Kimura tampaknya hati-hati menempatkan lubang atau jendela untuk memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam hunian itu. Pasalnya, ia juga berusaha agar lubang atau jendela buatannya itu akan menggangu privasi dan keamanan penghuni. Untuk itulah, ia mengangkat permukaan lantai dan menambah komposisi ruang cahaya yang ke dalam ruangan itu.

www.designboom.com Hunian tersebut berada di satu sudut jalan dan tampak menonjol di kawasan perumahan Shiga, Japan. Namun, Kimura menampilkan fasad
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com