Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asing "Keok", Peritel Lokal Masih Merajai Bandung dan Bali!

Kompas.com - 23/04/2014, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus globalisasi terus mendorong pertumbuhan bisnis ritel dan pusat belanja. Di kota mana pun di Indonesia akan mudah ditemui peritel-peritel serupa, mulai peritel pakaian dan kuliner Matahari Department Store, Kentucky Fried Chicken, Solaria hingga Kafe Betawi semua tersedia di kota besar maupun kota lapis kedua, dan ketiga.

Namun, menurut Associate Director Research and Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, Soany Gunawan, daerah yang belum "terintimidasi" secara masif oleh dampak globalisasi peritel tersebut adalah Bandung dan Bali. Kedua kota tersebut masih memiliki kekuatan pada konten lokal.

"Itulah mengapa, para pengunjung yang datang ke pusat-pusat belanja di kedua kawasan tersebut lebih banyak pendatang atau turis," ujar Soany kepada Kompas.com, Selasa (22/4/2014).

Bandung kaya dengan industri kreatif. Mereka punya basis produksi pakaian dan kuliner yang sangat kuat, serta didukung oleh industri garmen, konveksi, dan makanan rumahan. Jadi, wajar bila factory outlet atau gerai-gerai pakaian lokal dan makanan tradisional di Bandung masih merajai ketimbang ritel pakaian skala nasional atau global.

Pun, demikian dengan Bali. Gerai-gerai lokal yang berjejer di sepanjang spot-spot wisata masih menjadi incaran penduduk lokal dan turis (asing dan domestik). Sementara itu, pengunjung yang berbelanja di pusat-pusat belanja modern justru penduduk pendatang dari Pulau Jawa.

Itulah sebabnya, lanjut Soany, pusat belanja yang bernasib panjang dan ramai dikunjungi pada hari kerja dan akhir pekan di kedua daerah tersebut adalah yang berkonsep spesifik dengan diferensiasi pada rancangan arsitektural yang unik. Contoh nyata adalah Bali Beach Walk (Bali), Paris Van Java Mall dan Cihampelas Walk (Bandung).

"Ketiga pusat belanja tersebut mencatat tingkat okupansi di atas 90 persen dan tingkat kunjungan ribuan hingga puluhan ribu per hari," kata Soany.

Sementara itu, di daerah lain nuansa lokalitas justru tidak mendapat tempat. Kondisi tersebut seharusnya ditangkap jeli oleh pengembang. Pasalnya, Soany mengatakan, membangun sebuah pusat belanja tidak hanya mempertimbangkan jumlah populasi, melainkan juga purchasing power, kondisi lingkungan, dan pasar secara umum.

"Jika tidak ada diferensiasi alias mengusung konsep pusat belanja yang sama, bukan tidak mungkin terjadi kanibalisme. Ini seperti yang terjadi di pusat-pusat belanja Transmall Makassar, sekadar menyebut contoh. Membangun pusat belanja bukan cuma konstruksi big box, tapi juga pengelolaan tenancy mix," ujar Soany.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com