Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Barang Antik yang Pantas Anda Beli

Kompas.com - 11/04/2014, 16:36 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Berburu barang-barang antik di pasar loak merupakan kegiatan yang sangat menarik. Dengan harga "miring", Anda bisa menemukan karya seni berkualitas yang cocok untuk dipajang di rumah. Sayangnya, tidak semua barang antik layak Anda beli. Ada barang-barang yang semakin berharga seiring waktu. Namun ada barang lain yang semakin berkurang kualitasnya. Simak barang-barang tersebut berikut ini.

Huffington Post mencatat, setidaknya ada tujuh barang yang layak Anda beli. Barang pertama adalah karya seni. Daripada membeli poster dengan harga yang sama, Anda bisa membeli lukisan "sungguhan" di pasar loak atau toko barang antik. Biasanya, bentuk atau lokasi toko menentukan harga barang yang dijualnya. Meski Anda dianjurkan membeli barang seni di pasar loak, bukan berarti Anda boleh sembrono. Tetap berhati-hati agar tidak mengeluarkan terlalu banyak uang.

Barang kedua adalah furnitur kayu. Percaya atau tidak, furnitur kayu yang banyak dijual saat ini tidak sepenuhnya dibuat dari kayu. Padahal, dulu furnitur yang dibuat dari kayu benar-benar tidak menggunakan kayu tekan atau hasil pabrikan. Cari furnitur berkualitas tersebut dan usahakan cari furnitur tanpa penambahan atau perbaikan penting. Ubah cat atau kenob bila Anda berkenan.

Selanjutnya, Anda boleh juga membeli porselen-porselen berkualitas. Membeli alat makan atau piring penyajian porselen yang baru sangat mahal. Ketika banyak penjual barang antik menggelembungkan harga furnitur kayu dan melupakan barang porselen, di sanalah kesempatan Anda mendapatkan barang berharga "miring".

Hampir sama dengan porselen, gelas-gelas kaca juga layak Anda beli. Tentu, cari yang bentuknya unik, kuat, dan masih dalam kondisi istimewa. Anda memang bisa membeli gelas kaca dengan harga murah di mana pun, termasuk di pasar swalayan. Sayangnya, barang-barang tersebut belum tentu berkarakter.

Jika Anda menemukan taplak meja, terutama taplak anyaman dan sulaman, segera beli taplak tersebut! Sama seperti gelas kaca, taplak meja memang banyak dijual di tempat lain. Namun, taplak dengan kualitas tinggi buatan tangan sudah jarang sekali tersedia.

Vas bunga juga bisa Anda beli di pasar loak. Rahasianya masih sama. Cari benda dengan karakter yang akan sulit Anda temui dalam produk-produk masa kini. Versi vintage vas bunga akan memberikan daya tarik lebih bagi rumah Anda.

Ada satu lagi barang yang bisa Anda beli dari tangan kedua, yaitu alat makan perak atau silverware. Sulit mencari satu set lengkap, namun jika menemukannya, Anda seperti sudah menemukan harta karun! Hasil karya desainer-desainer bisa Anda dapatkan dengan harga jauh lebih murah. Perhatikan ukiran hiasan, nama desainer, dan detil lain yang mungkin tersilap oleh orang awam, termasuk penjual silverware tersebut.

Namun, hindari membeli lampu-lampu vintage yang belum diperbarui. Jika lampu tersebut sudah berkarat, akan sangat membahayakan rumah Anda. Selain lampu, hindari juga membeli barang-barang elektronik lain yang tidak bisa Anda coba sebelumnya. Masalah keamanan harus menjadi prioritas Anda. Terakhir, hindari membeli sofa bekas. Bau tidak sedap dan serangga, bahkan kutu, bisa sangat berbahaya bagi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com