Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, Bioskop Pathe Mirip Bandara

Kompas.com - 02/04/2014, 08:53 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Desainer Ora Ito, baru saja menyelesaikan bioskop sepuluh layar untuk Pathe sebagai bagian dalam pembaruan Centre Beaugrenelle di Paris, Perancis. Gaumont-Pathe merupakan nama rantai dagang bioskop terkenal di negeri mode ini. Khusus karya Ito, lebih menyerupai bandara ketimbang bioskop konvensional.

Ora Ito menyatakan bahwa skema bioskop ini memang dibuat menyerupai area kedatangan penumpang di bandara. Para calon penonton film dibuat santai sebelum menikmati kejutan dan keindahan visual di dalam ruang-ruang bioskop.

Interior bioskop ini begitu ekspansif. Sebelum menonton film, pengunjung bisa menikmati lapangnya area publik yang biasa berisi kios penjual berondong jagung. Mereka juga bisa memanfaatkan kafe dan bengkel kerja (workshop) edukasional yang ada di sana.

Sébastien Veronese untuk Studio ora ïto / Pathé Bioskop ini sengaja dibuat menyerupai bandar udara.
Selain ekspansif, interior bioskop ini juga cantik. Plafon bioskop dihias dengan menggunakan lembaran kayu bergelombang yang disisipkan lampu, serta kamera pengawas. Bagian berplafon kayu memberikan kesan hangat dan "mengundang" bagi para pengunjung.

Tidak hanya nyaman dipandang, desain gedung bioskop ini juga sudah dirancang dengan penuh kehati-hatian untuk memastikan para pengunjung tidak perlu mengantri terlalu lama. Untuk mempermudah pengunjung, dinding-dinding bioskop diberikan warna berbeda dan ditunjang pula oleh pencahayaan.

Pengunjung dengan intuitif tahu jalan menuju ruang yang ditujunya. Selain itu, para pengunjung juga akan disambut dengan berbagai layar elektronik canggih yang menampung poster film serta berbagai informasi lainnya.  

Emosi setiap bagian sengaja dibuat berbeda. Pengunjung yang turun dari bioskop menggunakan eskalator akan disambut dengan koridor berwarna hitam. Kali ini, sang desainer tidak lagi menggunakan bandara sebagai referensi, melainkan menggunakan film bergenre noir (film hitam-putih).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com