Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senilai Rp 3,5 Triliun, Lippo Perkuat Superblok di Makassar

Kompas.com - 19/03/2014, 11:01 WIB
Latief

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Makassar, Sulawesi Selatan, terus diincar pengembang besar sebagai lahan investasi properti. Pertumbuhan ekonomi kota ini yang di atas rata-rata, dan meningkatnya kelas menengah berkat dorongan bisnis komoditas, agrikultur, dan perdagangan semakin memperkuat potensi tersebut.

Pendapat tersebut diperkuat oleh M Harrys H, tim pemasaran PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) yang menangani superblok The St. Moritz Makassar Penthouse and Residences. Menurut Harrys, potensi properti kelas premium di Makassar semakin menarik seiring meningkatnya pertumbuhan kelas menengah di kota itu yang mencapai 20 persen.

"Responnya bagus. Mungkin, karena ini satu-satunya konsep superblok di Makassar," ujar Harrys kepada Kompas.com di Makassar, Selasa (18/3/2014).

Di lahan seluas 2,7 hektar di kawasan Jl Boulevard Panakukkang, LPKR menggarap proyek superblok senilai Rp 3,5 triliun tersebut terdiri dari 12 jenis properti meliputi tiga menara apartemen, hotel bintang lima, pusat belanja dengan area sewa seluas 75.000 meter perseg, sekolah, pusat hiburan dan kuliner.

Berdasarkan data penjualan apartemen di tower pertama di superblok ini, lanjut Harrys, sebanyak 75 persen atau 225 unit apartemen sudah terjual dari 300 unit yang ditawarkan. Harga per unit di apartemen ini dibanderol mulai Rp 750 juta sampai Rp 1,5 miliar. 

"Untuk tower dua akan mulai dipasarkan pada semester dua nanti. Itu juga sekitar 400 unit. Rencananya jumlah untuk menara 3 juga 400 unit. Jadi, totalnya nanti 1.100 unit dan kami targetkan 3 tahun selesai. Apapun kalau segmen produknya pas di sini pasti dibeli. Superblok itu kan masih hal baru di sini, ada apartemen, mal, hotel, rumah sakit dan lain-lainnya di satu proyek. Ini sudah jadi kebutuhan di tengah kota," kata Harrys.

Product Manager The St. Moritz Makassar Penthouse and Residences, Tenri Awaru P Soekarno, menambahkan daya beli konsumen di Makassar sangat tinggi. Untuk mendorong daya beli itu, pihaknya membuka kesempatan mengikuti program Priority Pass/NUP senilai Rp 10 juta atau refundable yang diluncurkan sejak November 2013 lalu.

"Ini banyak dimanfaatkan investor untuk memilih unit yang diharapkan dan bisa mendorong return maksimal bagi mereka," ujar Tenri.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, para pengembang properti yakin, ke depan Makassar semakin tumbuh sebagai magnit ekonomi di kawasan Indonesia Timur. Pertumbuhan ekonomi Makassar yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai rerata 8,5 persen per tahun, jauh di atas pertumbuhan ekonomi Nasional yang sebesar 5,9 persen.

Hal tersebut mengindikasikan besarnya potensi Makassar untuk menarik lebih banyak lagi investasi, khususnya investasi sektor properti perumahan (landed house), apartemen, hotel, dan pusat belanja. Tak heran, pengembang besar seperti LPKR, Ciputra dan APLN mengincar kawasan ini sebagai ekspansi bisnisnya di kawasan timur Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com