Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani Bereksperimen Bikin Dapur Tampil Istimewa

Kompas.com - 06/03/2014, 18:10 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Dapur yang hanya dipenuhi warna putih atau sedikit aksen kayu bisa tampak membosankan. Hindari terjebak dalam pandangan bahwa tampilan dapur hanya bisa diubah dengan mengganti warna dinding.

Untuk membuatnya lebih "segar" dan terkesan "baru", ada cara lain yang lebih mudah dan   ringkas ketimbang harus mengecat dinding. Berikut ini beberapa caranya.

Pertama, ubah pencahayaan. Warna lampu bisa mengubah banyak hal, termasuk suasana di dapur. Selain warna lampu, jumlah lampu, dan "rumah lampu" juga memberikan kesan berbeda. Pasang "rumah lampu" yang memiliki corak atau warna kesukaan Anda. Kemudian, buka lemari dapur, buat jadi open cabinet, berikan pencahayaan di atasnya. Cara-cara ini bisa membuat dapur tampak berbeda.

Kemudian, ubah wastafel atau kitchen sink. Menurut desainer Mick De Giulio, "Setiap dapur punya satu elemen unik yang mampu menarik Anda ke dalamnya. Salah satu contoh wastafel istimewa dengan warna mencolok bisa Anda saksikan pada 2012 Kitchen of the Year".

Anda juga bisa memasukkan warna dengan menggunakan perlengkapan memasak atau elektronik berwarna menarik. Sebuah dapur di Pulau Balboa, California memiliki lemari es berwarna merah muda. Cara ini praktis, unik, dan tentu saja menarik.

Jika enggan mengganti warna dinding, namun siap memberikan perubahan besar pada dapur, Anda juga bisa mengubah lantainya. Desainer William Diamond dan Anthony Baratta mengubah lantai sebuah dapur di apartemen Manhattan, New York dengan warna biru terang. "Pelanggan kami, pasangan 40 tahunan dengan dua anak perempuan yang masih kecil, ingin sesuatu yang meriah dan kekinian, namun mereka tetap ingin mengingat masa lalu," ujar Diamond. Alhasil, Diamond mempertahankan dinding berwarna putih dan hanya mengubah lantainya.

Warna mencolok juga bisa Anda sapukan pada bagian dalam lemari dapur. Baik itu lemari dapur  biasa, seperti open cabinet, atau lemari dapur dengan daun pintu yang terbuat dari kaca, bagian dalam berwarna mencolok bisa memberikan kejutan tersendiri.

Cara lain yang tidak kalah mudah adalah menggunakan tempat duduk berwarna mencolok. Anda hanya perlu membeli beberapa tempat duduk berwarna terang, kemudian menaruhnya di sekeliling meja makan atau pojok-pojok dapur.

Anda juga tetap bisa mengubah warna dinding dengan wallpaper atau sebagian dinding dengan  keramik. Backsplash atau dinding dapur yang terbuka antara meja dapur dan cabinet bisa Anda tutup dengan kemarik berwarna-warni.

Terakhir, ubah warna plafon. Desainer Philip Gorrivan menggunakan cat berwarna hijau toska mengilap untuk menghias plafon dapur. "Saya tidak pernah mengabaikan plafon. Terlalu banyak ruang untuk disia-siakan," ujar Gorrivan. Anda pun bisa meniru Gorrivan dan desainer-desainer lain. Tertarik melakukannya?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com