Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Taman Ini, Anda Bisa Mengalami Aksi Menegangkan

Kompas.com - 06/03/2014, 17:47 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Inspirasi taman hiburan (theme park) bisa datang dari mana saja, termasuk karakter dalam cerita fiksi. Taman bertema terbaru yang akan dikembangkan dalam waktu dekat ini, mengambil latar kehidupan detektif fiksi beken asal Inggris, Sherlock Holmes.

Sherlock Holmes Theme Park, demikian nama taman tersebut, menempati sebuah kawasan di Portsmouth. Kawasan ini merupakan tempat sang penulis, yakni Sir Arthur Conan Doyle, menciptakan tokoh Sherlock Holmes pada 1887.

Nilai proyek diperkirakan sebesar 40 juta dollar AS atau setara Rp 462,4 miliar. Taman ini menampilkan wahana dan karakter utama Sherlock Holmes dalam bentuk hologram saat memecahkan misteri sebuah tindak kejahatan. Pengunjung bisa mengalami sendiri sejumlah adegan mendebarkan dan menegangkan dalam cerita fiksi ini, di antaranya The Hound of The Baskervilles.

Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan cerita-cerital orisinal yang diterbitkan pada akhir abad ke-19 dan melihat secara langsung penggunaan nalar dan logika sang detektif dalam menguak teka teki kriminalitas bersama mitra setianya, Dr John Watson. Nama terakhir ini merupakan agen spesial Scotland Yard.

Cerita asli tersebut belum pernah dipublikasikan di media mana pun. Sementara cerita dan karakter yang beredar selama ini, telah mengalami banyak transformasi, termasuk versi panggung, layar lebar, radio dan televisi.

"Kami membangun taman istimewa. Menawarkan pengalaman kelas dunia Sherlock Holmes. Taman interaktif ini akan menjadi wahana yang sangat berkualitas. Bisa memperkaya pengetahuan dan pengalaman pengunjung," ujar wakil Kemitraan Budaya Portsmouth, Steve Pitt.

Koleksi dan cerita orisinal Conan Doyle berikut poster dan properti film serta serial televisi Sherlock Holmes, menghiasi seluruh taman. Termasuk dua inkarnasi tokohnya yakni Robert Downey Jr yang berperan di layar lebar dan Benedict Cumberbatch di layar gelas sebagai Sherlock Holmes modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com