Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Panorama Kota dari Ketinggian Menara Antena

Kompas.com - 01/03/2014, 13:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen
KOMPAS.com - Perusahaan desain internasional IND (Inter National Design) dan Powerhouse Company memenangkan kompetisi desain menara pemancar dan observasi, Çanakkale Antena Tower, di Turki.

Kompetisi ini menantang perusahaan arsitektur seluruh dunia untuk merekayasa sebuah bangunan yang bisa menyediakan fasilitas rekreasional, termasuk ruang pamer dan dek observasi. Namun, di saat yang sama, desain tersebut juga harus mengintegrasikan desainnya dengan menara pemancar.

Sebuah pernyataan mengenai desain pemenang diunggah dalam situs desain Dezeen. Menurut pernyataan tersebut, Çanakkale Antena Tower mampu menyatukan semua fungsi tanpa membuatnya tampak canggung.

Bagian dalam menara pemancar dan pusat pengunjung di Turki karya IND (Inter National Design) bersama Powerhouse Company.
"Desain Çanakkale Antena Tower yang baru menyelesaikan parakdoks-paradoks dengan menyatukan semua fungsi berbeda dan kebutuhan spasial dalam satu gerakan spasial," ujar pernyataan tersebut.

Bangunan yang didesain IND dan Powerhouse Company memungkinkan pengunjung berjalanan mengelilingi jalan setapak layang. Jalan ini akan dibangun di atas pohon-pohon dan dibuat berputar mengelilingi situs, tepat di ujung bukit menghadap kota.

Menara pemancar dan pusat mengunjung berada di dua sisi berbeda. Demi menghindari risiko radiasi yang dihasilkan menara pemancar, pusat pengunjung dan area observasi berada di dua ujung berbeda.

"Menara antena dibentuk dengan menyatukan dua jalur vertikal, menciptakan gerbang di bawahnya sebagai jalan masuk bagi pengunjung. Cara ini menciptakan identitas visual yang kuat, sebuah penampilan ikonik dari jauh, mentansformasikan pengalamanan terelaborasi ketika dilihat dari dekat," ujar pernyataan serupa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com