Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Menjaga Bunga Tetap Segar

Kompas.com - 18/02/2014, 07:19 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Hari kasih sayang sudah berlalu, namun menunjukkan afeksi dengan memberikan bunga segar tidak hanya perlu dilakukan hari itu saja. Bunga segar juga bisa menjadi hiasan istimewa yang menyegarkan rumah Anda.

Tidak perlu takut bahwa bunga segar membutuhkan perawatan yang rumit. Lakukan beberapa langkah mudah yang diambil dari Brightnest berikut ini dan Anda mampu mempertahankan bunga segar lebih lama.

Pertama-tama, mulailah dengan memperoleh vas bersih untuk menempatkan bunga-bunga. Anda bisa membersihkan vas dengan mudah menggunakan air, beras, dan sedikit cuka

Bila perlu, berikan disinfektan pada bagian dalam vas bunga. Buat sendiri disinfektan dengan menggunakan hidrogen peroksida (larutan tiga persen) dan cuka putih tak terdilusi. Caranya mudah, ganti tutup botol hidrogen peroksida dengan semprotan. Hindari memindahkan hidrogen peroksida dari tempatnya karena larutan tersebut sangat sensitif. Kemudian, masukkan cuka putih pada botol semprot lain. Semprotkan hidrogen peroksida dan cuka. Jangan satukan dalam satu botol. Semprotkan dulu hidrogen peroksida, baru semprotkan cuka putih.

Selanjutnya, masukkan tangkai-tangkai buka ke dalam vas. Jika Anda tidak menyediakan asupan khusus untuk bunga, tambahkan saja beberapa tetes soda ke dalam air vas. Seperti dikutip dalam Brightnest.com, kandungan gula akan membuat bunga Anda tetap sehat.

Jangan lupa untuk selalu mengganti air vas setiap hari. Sama seperti Anda yang enggan meminum air setelah dibiarkan berhari-hari, Anda pun sebaiknya mengganti air dalam vas bunga.

Selain mengganti air dalam vas bunga, potong kembali tangkai bunga setiap beberapa hari. Memang, pada akhirnya bunga akan layu dan beberapa kelopaknya rontok. Namun, memotong tangkai bunga mampu menahan proses ini sehingga tidak datang lebih cepat.

Untuk memaksimalkan lamanya bunga mampu tampil cantik di rumah Anda, pastikan juga Anda menempatkannya pada tempat teduh dan tidak langsung di bawah sinar matahari. Di malam hari, simpan bunga segar dalam lemari es. Lemari es (bukan bagian freezer) mampu menjaga bunga tetap dingin dan melindunginya dari kekeringan akibat pendingin ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com