Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Cemaskan Kenaikan Suku Bunga Kredit

Kompas.com - 28/01/2014, 11:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai pihak, termasuk pemerhati properti dan pelaku usaha properti di DPP REI sepakat bahwa sektor properti Indonesia masih memiliki harapan tinggi. Ketua DPP Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy, saat membahas rencana kerja REI selama tiga tahun mendatang, Senin (27/1/2014), di Jakarta, mengatakan bahwa sektor properti masih bisa tumbuh sebesar 10 persen.

"Dilihat dari situasi ekonomi dan politik, kita cukup menargetkan pertumbuhan 10 persen," ujar Eddy.

"Kita optimistis karena sektor properti ke depan ini sudah merupakan sektor industri yang strategis. Kita tahu, backlog perumahan jumlahnya masih besar, karena itu kita yakin pertumbuhan properti nasional akan naik," imbuh Eddy.

Menurutnya, jika ada semacam dorongan dari Pemerintah, khususnya Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), pertumbuhan sektor properti bisa sama seperti tahun lalu. Tapi, sejauh ini REI masih khawatir atas beberapa hal.

"Yang justeru kami khawatirkan adalah kenaikan suku bunga kredit dan aturan BI tentang LTV. Sekarang kondisi real-nya, bank sudah mulai menaikkan bunga KPR dan itu sangat memukul daya beli," ujar Eddy.

Beberapa waktu lalu, kebijakan Bank Indonesia mengenai pengetatan pengajunan KPR juga menyebabkan "riak kecil" dalam perekonomian Indonesia. REI bahkan melaporkan penjualan (properti) menurun hingga 30 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com