Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Kolam Renang Berfungsi Sebagai Kanopi!

Kompas.com - 04/01/2014, 11:35 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Uang tidak mampu membeli segalanya, namun setidaknya uang bisa membiayai inovasi dan ide-ide segar seperti yang dilakukan oleh Wiel Arets Architects.

Perusahaan arsitektur dari Belanda tersebut membangun rumah tinggal di Los Monteros, Marbella, Spanyol. Lokasinya yang tidak jauh dari tepi laut membuat rumah ini memiliki pemandangan luar biasa.

Namun, tidak hanya itu saja. Wiel Arets Architects juga memberikan fitur unik berupa kolam renang "gantung" di rumah ini. Kolam tersebut berada di atap yang sekaligus berfungsi sebagai kanopi bagi lantai dasar rumah bernama "Jellyfish House".

Rumah tiga lantai ini berukuran 650 m2 dan memiliki lima kamar tidur yang tersebar di lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar terdapat dua kamar tidur, sementara satu kamar tidur utama berada di atasnya. Di lantai tersebut juga terdapat satu kamar mandi yang dapat digunakan bersama. Selain itu, dua kamar tidur tamu bisa ditemukan pada lantai yang sebagian berada di lantai bawah tanah.

"Rumah ini diatur di sekeliling dua jalur sirkulasi, jalur cepat dan lambat yang terdiri dari banyak tangga dan mengitari empat level rumah. Sebuah tangga bisa menjadi akses cepat dari eksterior mencapai atap, dikelilingi dengan kaca, yang secara fisik memisahkannya dari interior namun membuka rumah pada elemen eksterior," ujar Wiel Arets. Akses cepat dari luar membuat pasir tidak perlu mengotori interior rumah. 
 
Satu-satunya fitur yang menjadi daya tarik rumah ini adalah kolam renang unik yang berada di atap rumah tersebut. Menggantung sekitar sembilan meter dari permukaan tanah, siapa pun yang menghabiskan waktu di kolam tersebut dapat menikmati pemandangan istimewa dari pegunungan Sierra Blanca di kejauhan. Selain itu, kolam renang berkonsep infinity tersebut  memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk menikmati pemandangan laut.
 
Kolam ini mampu menahan beban seberat hampir 60.000 kilogram dan terbuat dari kaca setebal 6 cm. Siapa pun yang berada di dapur dan ruang tamu bisa melihat penghuni atau tamu berenang di atas kepala mereka.
 
"Mengambil keuntungan penuh dari matahari Spanyol yang selalu bersinar, 'Jellyfish House' merupakan eksperi avant-garde dari gaya hidup mewah," ujar sang desainer. "Mayoritas fasad bisa dibuka dan karena tangga umumnya berada di luar ruangan, batasan rumah yang selalu berubah antara interior dan eksterior menjadi kabur," tandas sang desainer.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com