Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Bangun Apartemen Terapung Pertama di Dunia

Kompas.com - 11/11/2013, 19:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Perubahan iklim dan meningkatnya permukaan laut bisa memaksa masyarakat untuk serius mempertimbangkan pendekatan dan kreativitas baru dalam membangun properti. Di Belanda, contohnya, Koen Olthuis dan perusahaan arsitekturnya, Waterstudio, mengkhususkan diri dalam mengembangkan proyek-proyek yang bisa dibangun di atas air.

worldpropertychannel.com Membangun apartemen mengambang di atas air adalah salah satu cara kreativitas menghadapi perubahan iklim.
Mengingat fakta bahwa sekitar 90 persen dari kota-kota terbesar di dunia terletak di tepi pantai, kita telah tiba pada situasi "terpaksa" untuk memikirkan kembali cara kita hidup dengan air dalam lingkungan binaan. Visi mereka adalah bahwa proyek-proyek mengambang skala besar di lingkungan perkotaan memberikan solusi nyata untuk segala permasalahan yang bersifat fleksibel maupun berkelanjutan.

worldpropertychannel.com The Citadel, merupakan kompleks apartemen mengambang pertama di dunia. The Citadel direncanakan sebagai bagian dari pengembangan
Salah satu proyek pertamanya adalah The Citadel. Ini merupakan kompleks apartemen mengambang pertama di dunia. The Citadel direncanakan sebagai bagian dari pengembangan "New Water" di Naaldwijk di Belanda. Terdiri atas 60 unit apartemen yang dirancang mengapung di atas air.

worldpropertychannel.com Secara teknis, apartemen akan dibangun dengan memanfaatkan 180 elemen modular, yang akan terhubung pada dermaga kering sementara elemen-elemen tersebut akan basah (kebanjiran) ketika pembangunan apartemen selesai.
Rancangan istimewa tersebut didedikasikan untuk pengembang ONW/BNG GO. Teknik penanaman beton mengambang dalam air akan dilakukan juga sekaligus sebagai tempat parkir mobil. Secara teknis, apartemen akan dibangun dengan memanfaatkan 180 elemen modular, yang akan terhubung pada dermaga kering sementara elemen-elemen tersebut akan basah (kebanjiran) ketika pembangunan apartemen selesai.

worldpropertychannel.com Blok apartemen yang terdiri atas lantai berbentuk tidak teratur bertumpuk satu sama lain di satu sudut. Masing-masing memiliki denah sendiri dan dilengkapi dengan ruang luar dengan pemandangan laut lepas.
Blok apartemen yang terdiri atas lantai berbentuk tidak teratur bertumpuk satu sama lain di satu sudut. Masing-masing memiliki denah sendiri dan dilengkapi dengan ruang luar dengan pemandangan laut lepas.

The Citadel akan mengambang di atas air dengan kedalaman 6 meter. Kompleks ini akan terhubung ke daratan oleh jembatan terapung.

Waterstudio berharap dapat memulai pembangunan kompleks awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com