Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Pohon yang Hidup di Brooklyn....

Kompas.com - 08/10/2013, 12:04 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tidak banyak nuansa hijau di Red Hook. Warna hijau juga tidak dapat ditemukan di Sunset Park, Brooklyn. Kawasan ini sudah kelewat tandus.

Menurut peta baru kawasan itu, banyak daerah-daerah kantong industri memang hampir menjadi tandus. Tak ada pohon di pinggir jalan.

Seperti diungkapkan pengembang real estate Rentenna yang baru saja meluncurkan Brooklyn Hijau Heatmap, kondisi itu tampak nyata. Pada peta itu Rentenna memberi warna agar sesuai dengan konsentrasi masing-masing wilayah dalam perhatiannya terhadap nasib pohon-pohon di kota itu.

www.nydailynews.com Kawasan industri yang digambarkan tanpa warna hijau di peta ini menandakan suatu kelangkaan pepohonan.

Perusahaan tersebut menarik data pemerintah untuk menilai penghijauan di lingkungan masing-masing. Rentenna juga menawarkan skor hijau untuk fasilitas-fasilitas lokal, sekolah, dan fasilitas lain yang dekat dengan angkutan massal.

"Orang-orang marah dan mengatakan bahwa kami hanya memiliki peta di Manhattan, tidak pada Queens dan Brooklyn, sehingga kami pun memperluas," kata Alicia Schwartz, salah satu pendiri Rentenna.

Adapun konsentrasi peta hijau ini memotret kawasan melalui jantung kawasan Brooklyn Heights, Park Slope, Kensington, dan Midwood. Daerah lain, termasuk Canarsie dan Coney Island, di peta ini tampak seperti gurun. Kawasan industri yang digambarkan tanpa warna hijau di peta ini menandakan suatu kelangkaan pepohonan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com