Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patut Ditiru, Facebook Bangun Perumahan untuk Karyawannya!

Kompas.com - 04/10/2013, 08:35 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Apa jadinya kalau Facebook menjalin alinasi strategis dengan pengembang perumahan? Menarik dan tak biasa. Begitulah, Facebook bermitra dengan St Anton Partners untuk membangun 394 unit rumah berkonsep apartemen bangunan rendah (low rise apartment). Perumahan ini didedikasikan untuk para karyawan jejaring media sosial tersebut.

Inilah yang disebut sebagai  "The Company City" abad ini. Unik dan tidak biasa. Kota Perusahaan ini diciptakan oleh pemiliknya untuk para pekerja demi terciptanya produktivitas, efesiensi dan juga kesejahteraan.

Proyek apartemen ini akan menelan biaya sekitar 120 juta dollar AS atau setara dengan Rp 1,3 triliun. "The Company City" menempati area seluas 4,05 hektar di Highway 101, Menlo Park, California. Kota Facebook memiliki luas bangunan keseluruhan 55.741 meter persegi, memungkinkan karyawan dan petingginya bekerja dan bersepeda dengan santai. 

Dalam kompleks perumahan ini, nantinya, terdapat 35 studio, 208 unit apartemen bertipe satu kamar tidur, 139 unit bertipe dua kamar tidur dan 12 unit berisi tiga kamar tidur untuk karyawan level atas Facebook.

Proyek ini dirancang KTGY Group dan Facebook mendanai 15 unit di antara 394 unit apartemen tersebut untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Melonjaknya harga sewa Silicon Valley dalam 55 tahun ke depan, memotivasi Facebook untuk melakukan kewajiban sosialnya.

Lahan seluas 0,12 hektar dari total 4,05 hektar akan disulap menjadi fasilitas minimarket "grab and go", kafe, pusat kebugaran, pub, bengkel dan tempat penyimpanan sepeda, spa dan tempat pemeliharaan hewan, tempat pemberhentian hewan, serta layanan cuci dan setrika.

Tak hanya itu, akan dibangun juga kolam renang berkonsep resor, yoga dan pusat pelatihan pribadi, fasilitas kesehatan dalam dan luar ruang, iCafe yang diperuntukan bagi generasi komunitas bisnis baru, club house lengkap dengan dapur dan area memasak serta dek besar di atap bangunan.

Pembangunan akan dimulai bulan ini dan selesai dalam dua tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com