Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Terkecil di Dunia Ada di Kopenhagen

Kompas.com - 21/09/2013, 16:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOPENHAGEN, KOMPAS.com — Tak ada yang lebih membuat tamu penasaran melainkan Central Hotel & Café. Fasilitas akomodasi ini merupakan yang terkecil di seluruh jagat raya.

Luas bangunannya hanya 12 meter persegi, sangat mungil dan mencolok, di tengah-tengah bangunan dan masyarakat modern di jantung kota Kopenhagen, Denmark.

Meski begitu, Central Hotel & Café memberikan pengalaman berbeda karena punya nuansa otentik Denmark 1940-an. Hal inilah yang tidak dimiliki hotel dan kafe lainnya, bahkan oleh bangunan bintang lima sekalipun.

Gagasan di balik Central Hotel & Café adalah bahwa ketika masuk ke dalamnya, akan memberikan rasa kembali pada masa lalu. Kisahnya berawal pada tahun 1905, saat hotel ini masih merupakan toko reparasi sepatu. Hingga awal Perang Dunia II, masyarakat di sana akrab memperbaiki sepatu-sepatu rusaknya.

Bagi para tamu, tinggal di Central Hotel & Café merupakan satu kesempatan mengalami sejumlah kecil sejarah Denmark dan interaksi sosial dengan masyarakat setempat. Lokasinya yang bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari Stasiun Pusat Kopenhagen memungkinkan tamu terlibat dalam relasi sosial yang intim.

Tamu akan disambut dengan sekuntum bunga segar dan buah anggur yang merah merekah memanjakan lidah. Sarapan disajikan antara pukul 07.00 hingga tiba makan siang di Café Granola yang berada di bawah hotel. Sambil menikmati santapan pagi, tamu akan mendapatkan pengalaman modisnya distrik Vesterbro.

Tak hanya unik dan menarik, berada di saerah sekitar Central Hotel & Café seakan menguak sebuah cakrawala berbeda. Daerah ini menawarkan berbagai macam restoran dan tempat-tempat spektakuler seperti Konferensi Kopenhagen di DGI-byen, semacam ruang pameran kaliber internasional, yang menawarkan 14 ruang rapat modern, balkon di atap bangunan, dan restoran.

Tidak jauh dari Central Hotel dan Café terdapat distrik Meatpacking. Distrik ini dikenal sebagai sentra galeri seni dan berbagai restoran mewah.

Lingkungan Central Hotel dan Café memiliki banyak spot-spot istimewa untuk dikunjungi. Anda tidak perlu pergi jauh untuk mendapatkan sarapan atau makanan pencipta selera. The Granola Café yang merupakan bagian dari hotel menyajikan menu sarapan luas serta makan siang bercita rasa tinggi.

Central Hotel dan Café juga satu-satunya tempat di Kopenhagen di mana Anda bisa mendapatkan hidangan paling popular di Denmark yakni Rødgrød. Rødgrød berupa buah khas Negara Skandinavia yang direbus. Café Granola juga buka pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com