Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Budaya King Abdul Aziz, "Landmark" Mewah Terbaru di Arab Saudi

Kompas.com - 19/09/2013, 12:00 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Berlokasi di Dhahran, Arab Saudi, gedung Pusat Budaya King Abdul Aziz dalam waktu dekat akan menjadi landmark bersejarah di negara itu. Gedung tersebut akan berdiri di lokasi pertama minyak ditemukan di Arab Saudi.

www.designboom.com Aspek formal dari segi arsitektur untuk bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh kondisi geologi dan formasi tebing batu dan gurun khas Arab Saudi yang selama ini telah menyimpan banyak sumber-sumber energi.
Didesain oleh firma arsitektur Snohetta, area seluas 80.000 meter persegi gedung ini akan dipenuhi ruang-ruangan bertaraf internasional yang terintegrasi, meliputi ruang kearsipan,
perpustakaan, pusat pendidikan, empat galeri museum dan museum khusus anak-anak, kafe, serta toko suvenir. Semua ruangan ini dipersiapkan secara khusus untuk menjaring generasi muda dan meningkatkan kehadiran program-program inovatif di negara itu. 

www.designboom.com Didesain oleh firma arsitektur Snohetta, area seluas 80,000 meter persegi gedung ini akan dipenuhi ruang-ruangan bertaraf internasional yang terintegrasi, meliputi ruang kearsipan, perpustakaan, pusat pendidikan, empat galeri museum dan museum khusus anak-anak, kafe, serta toko suvenir.
Adapun aspek formal dari segi arsitektur untuk bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh kondisi geologi dan formasi tebing batu dan gurun khas Arab Saudi yang selama ini telah menyimpan banyak sumber-sumber energi. Keseluruhan gedung ini akan diselimuti tabung baja sepanjang 300 kilometer.

Gedung utama sebagai pusat struktur bangunan ini disiapkan menjulang ke atas untuk dijadikan sebagai Menara Pengetahuan. Bentuknya yang unik itu diapit oleh formasi dua pegunungan di kedua sisi masing-masing.

www.designboom.com Adapun aspek formal dari segi arsitektur untuk bangunan ini sangat dipengaruhi kuat oleh kondisi geologi dan formasi tebing batu dan gurun khas Arab Saudi yang selama ini telah menyimpan banyak sumber-sumber energi.
Sampai saat ini, pelaksanaan pembangunan gedung pusat budaya ini baru mencapai 47 persen. Nantinya, Pusat Budaya King Abdul Aziz ini akan menjadi pendorong semangat dan upaya Arab Saudi yang tengah fokus pada pembangunan budaya kreatif.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com