Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Pusing dengan Rumah Sendiri!

Kompas.com - 17/09/2013, 09:07 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki rumah sendiri bukanlah akhir bahagia. Sebaliknya, memiliki rumah adalah langkah baru dalam hidup Anda.

Ya, seiring waktu Anda harus tumbuh bersama rumah yang Anda tempati tersebut. Pelajari berbagai cara untuk membenahi dan memperbaiki rumah Anda.

Namun, untuk beberapa hal, sebaiknya Anda cari dan meminta bantuan tenaga ahli. Berikut ini beberapa masalah yang membutuhkan tenaga ahli untuk menyelesaikannya:

Pertama, mintalah tenaga berpengalaman untuk menyingkirkan pohon dari pekarangan rumah. Anda juga sebaiknya meminta bantuan mereka memangkas ranting pohon-pohon berukuran besar. Jangan anggap hal ini sepele, karena pohon rindang dapat sangat berbahaya jika menimpa Anda dan keluarga.

Kedua, panggilah tenaga ahli untuk membuat jalan yang bisa dilalui mobil di halaman atau di gang rumah Anda. Begitu juga jika Anda ingin membuat jalan setapak di taman dengan membuat susunan batu. Meski tampak semudah bermain tetris, sebenarnya proyek ini tak sesulit itu.

www.huffingtonpost.com Jika terjadi masalah pada sambungan listrik, segeralah memanggil tenaga ahli. Hal ini menyangkut keamanan Anda dan keluarga secara langsung. Tidak terhitung kasus kebakaran parah yang terjadi karena instalasi listrik tidak tersambung dengan baik.
Ketiga, urusan listrik. Jika terjadi masalah pada sambungan listrik, segeralah memanggil tenaga ahli. Hal ini menyangkut keamanan Anda dan keluarga secara langsung. Tidak terhitung kasus kebakaran parah yang terjadi karena instalasi listrik tidak tersambung dengan baik.

Keempat, mintalah bantuan tenaga ahli untuk membetulkan genteng rumah. Ada dua hal utama yang membuat Anda sebaiknya meminta bantuan tenaga ahli. Pertama, ketinggiannya membuat Anda berada dalam bahaya jika tidak cekatan mengetahui pijakan yang tepat. Kedua, tanpa keterampilan khusus, mungkin Anda justeru membuat kerusakannya makin parah.

Kelima, menambah atau mengganti jendela. Menambah jendela membutuhkan proses pembobokan dinding. Hal ini membutuhkan proses yang lama dan berat bagi pemula. Sementara itu, mengganti jendela mampu berpengaruh pada keamanan rumah Anda.

www.huffingtonpost.com Hal-hal lain, seperti mengecek sambungan ledeng bawah tanah, membuat konstruksi tambahan, meruntuhkan partisi, dan mengganti plafon di rumah Anda sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman
Tanpa keterampilan memadai, mungkin Anda justeru membuka lebar kesempatan orang asing membobol rumah Anda. Hal-hal lain, seperti mengecek sambungan ledeng bawah tanah, membuat konstruksi tambahan, meruntuhkan partisi, dan mengganti plafon di rumah Anda sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com