Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas... 6 Sumber Bau Tak Menyenangkan di Rumah!

Kompas.com - 09/09/2013, 15:29 WIB
KOMPAS.com - Pasti tidak nyaman jika Anda baru saja melakukan kegiatan sehari-hari kemudian disambut dengan bau tak sedap di rumah. Mau menyingkirkan bau tak sedap itu? Cari sumber bau dan simak beberapa cara mudah menghilangkan baunya seperti berikut ini.

Kulkas

Anda mungkin lupa telah menyimpan makanan selama beberapa hari di kulkas. Jika tidak segera dibuang, makanan di lemari es juga membuat rumah menjadi berbau tak sedap. Anda harus membersihkan kulkas secara teratur sehingga ruang di sekitarnya menjadi lebih segar.

www.shutterstock.com Anda mungkin lupa telah menyimpan makanan selama beberapa hari di kulkas. Jika tidak segera dibuang, makanan di lemari es juga membuat rumah menjadi berbau tak sedap. Anda harus membersihkan kulkas secara teratur sehingga ruang di sekitarnya menjadi lebih segar.
Lubang air

Air di lubang kamar mandi atau wastafel juga dapat menjadi sumber bau di rumah Anda. Contohnya, sisa-sisa makanan atau rambut yang menyumbat saluran air. Untuk itu, cobalah memeriksa lubang dan sering bersihkan daerah tersebut jika menjadi sumber utama aroma yang tidak menyenangkan itu.

Toilet

Bagaimana dengan toilet, apakah Anda rajin membersihkannya? Gunakan sabun dan pembersih toilet untuk membersihkan dan menyingkirkan bakteri. Bau tak sedap dari toilet akan hilang dan udara dalam rumah pun lebih menyenangkan.

www.houzz.com Bagaimana dengan toilet, apakah Anda rajin membersihkannya? Gunakan sabun dan pembersih toilet untuk membersihkan dan menyingkirkan bakteri. Bau tak sedap dari toilet akan hilang dan udara dalam rumah pun lebih menyenangkan.
Karpet

Karpet dengan mudahnya kotor karena debu atau remah-remah makanan yang jatuh di atasnya. Meskipun Anda secara teratur membersihkan karpet dengan penyedot debu, karpet tetap perlu dicuci agar tidak menimbulkan bau tak sedap.

Hewan peliharaan

Hewan peliharaan juga berperan dalam membuat bau tak sedap di rumah. Aroma hewan peliharaan yang sering dimandikan tidak memberikan bau tak sedap. Jadi, jangan malas untuk memandikan hewan peliharaan Anda, entah itu kucing, anjing, atau pun ikan dengan mengganti air dalam akuarium tentunya.

www.houzz.com Air di lubang kamar mandi atau wastafel juga dapat menjadi sumber bau di rumah Anda. Contohnya, sisa-sisa makanan atau rambut yang menyumbat saluran air.
Asap rokok

Jika salah satu anggota keluarga merokok, asap rokok bisa menjadi sumber bau tak sedap di rumah Anda. Untuk mengatasinya, gunakan penyegar udara atau laranglah merokok di dalam rumah. Karena selain polusi udara, asap rokok juga dapat mengubah warna cat dinding menjadi kekuningan.

Nah, bagaimana dengan rumah Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com