Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Telekomunikasi Sanggup Bangun Gedung Tinggi!

Kompas.com - 13/07/2013, 16:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH

telussky Menara ini mencakup 58 lantai yang kelak akan menjadi kantor pusat (headquarter) bagi TELUS. Mereka menempati seperlima dari total luas gedung.
telussky Selain perkantoran, dalam TELUS Sky Tower akan terdapat ruang ritel dan sejumlah 341 unit apartemen sewa.
telussky Gedung ini diciptakan sarat panel kaca, ruang terbuka dan jalur pedestrian sehingga memungkinkan publik dapat melintasinya atau mengaksesnya dengan nyaman.

KOMPAS.com-
Jika sejumlah rencana pencakar langit di Jakarta seperti Telkom Tower, Pertamina Tower, BUMN Tower dan bahkan Signature Tower, masih lama untuk direalisasikan, maka sebaliknya untuk tower yang ini.  Adalah TELUS Sky Tower di Calgary, yang baru saja dimulai konstruksinya beberapa hari lalu. Arsitek beken tingkat dunia, Bjarke Ingels merancangnya sebagai ikon baru Calgary.

Ini merupakan pencakar langit milik salah satu perusahaan
telekomunikasi terbesar di Kanada. Menara ini mencakup 58 lantai yang kelak akan menjadi kantor pusat (headquarter) bagi TELUS. Mereka menempati seperlima dari total luas gedung.

Kelak, gedung ini merupakan pendamping "sejati" bagi The BOW, salah satu pemenang pencakar langit terbaik versi Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH).

Selain perkantoran, dalam TELUS Sky Tower akan terdapat ruang ritel dan sejumlah 341 unit apartemen sewa. TELUS menargetkan gedung seluas 70.000 meter persegi ini rampung pada musim gugur 2017 dengan estimasi biaya konstruksi senilai 400 juta dollar (Rp 3,9 triliun).

Presiden dan CEO TELUS, Darren Entwistle, TELUS, mengatakan menara TELUS akan berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian Calgary secara khusus, dan Kanada secara umum, termasuk di dalamnya dinamika budaya dan vitalitas sosial.

Bjarke Ingels merancang TELUS Sky Tower sebagai sarana seni budaya kota dengan menawarkan ruang publik inspiratif yang akan memamerkan karya seni dari seniman lokal.

"Pusat kota Calgary telah berkembang sebagai pusat bisnis Amerika Utara dengan gugusan pencakar langit tempat perusahaan-perusahaan besar berkantor. Calgary dikelilingi perumahan  low-density," ujar Bjarke Ingels.

TELUS Sky Tower adalah upaya untuk menciptakan campuran gaya hidup sosial dan formal di jantung kota. Gedung ini diciptakan sarat panel kaca, ruang terbuka dan jalur pedestrian sehingga memungkinkan publik dapat melintasinya atau mengaksesnya dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com