Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borneo Bay Residence Raup Rp 330 Miliar

Kompas.com - 10/07/2013, 12:12 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


BALIKPAPAN, KOMPAS.com-
Agung Podomoro Land (APLN) dalam dua minggu membukukan penjualan sebesar 30 persen dari total 1.100 unit apartemen Borneo Bay Residence (BBR), Balikpapan, Kalimantan Timur. Nilai transaksinya mencapai Rp 330 miliar, berkontribusi 10,5 persen terhadap total penjualan perseroan Rp 3,1 triliun hingga akhir Juni 2013.

Apartemen ini terdiri atas dua menara, masing-masing Martadipura Mansion dan Kartanegara Mansion. Penjualan keduanya dilakukan pada 22 Juni lalu bersamaan dengan peluncuran perdana secara resmi kompleks apartemen yang berlokasi di Jl Jend Sudirman, tersebut.

Investor Relation APLN Wibisono mengatakan, selain dari Balikpapan, para pembeli BBR berasal dari Samarinda, Banjarmasin, Surabaya dan Makassar. Mereka membeli unit-unit di sini untuk investasi dan juga ditinggali.

"Harga jual BBR terendah berada pada kisaran Rp 400 juta-Rp 500 juta untuk tipe studio seluas 27 meter persegi dan tertinggi Rp 2,2 miliar untuk tipe 3 kamar tidur seluas 81 meter persegi," ungkap Wibisono kepada Kompas.com, Rabu (10/7/2013).

APLN melalui Pandega Citraniaga mengembangkan BBR di atas lahan reklamasi seluas 5 hektar. Selain dua menara apartemen, mereka juga akan membangun pusat belanja dengan konsep lifestyle, dan satu menara hotel dengan jumlah kamar 200 hingga 300 unit.

Untuk merealisasikan proyek multifungsi tersebut, pihaknya harus menyiapkan dana sebanyak Rp 1 triliun. Jumlah ini di luar biaya reklamasi yang mencapai Rp 100 miliar dan proses renovasi plus ekstensi pusat belanja lama The Plaza Balikpapan, sebesar Rp 50 miliar.

"Kami akan memulai konstruksi BBR pada kuartal kedua 2014, bersamaan dengan pembangunan pusat belanja baru. Target keduanya tuntas pada akhir 2016 mendatang," buka Wibisono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com