Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempercantik Kolong Jembatan dengan Komponen Sepeda Bekas

Kompas.com - 04/06/2013, 14:22 WIB

KOMPAS.com - Instalasi seni tidak perlu berada di galeri-galeri bergengsi. Seniman dapat memilih tempat mana pun, selama masih menunjang "semangat", tujuan, serta nuansa yang ingin ditonjolkan oleh karyanya.

Kemungkinan besar, itulah alasan di balik pemilihan lokasi instalasi "Ballroom Luminoso". Seniman Joe O’Connell dan Blessing Hancock menggunakan kembali berbagai komponen sepeda serta menggabungkannya dengan besi-besi, dan lampu LED. Kedua seniman ini menggunakan bahan-bahan tersebut untuk menciptakan enam sumber cahaya unik yang mampu berubah warna dan memberikan "corak" pada kolong jembatan di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Alih-alih menjadi lokasi hunian liar, kolong jembatan di San Antonio justeru menjadi lokasi berkumpul bagi komunitas setempat. Lokasi yang sebelumnya gelap itu kini menjadi jauh lebih nyaman sebagai tempat berkumpul, lantaran penduduk setempat kini dapat memanfaatkan chandelier atau lampu gantung unik karya Joe O’Connell dan Blessing Hancock. Mengenai pemilihan lokasi dan komponen pembuat lampu, para seniman memberikan pernyataannya.

"Ballroom Luminoso merujuk pada keadaan area di masa lampau, masa kini, dan masa depan. Semua terangkum dalam detil lampu berupa medali-medali. Gambar di dalam medali menceritakan sejarah agrikultur komunitas di area ini, kuatnya peninggalan kaum Hispanik, dan gerakan lingkungan," ujar mereka berdua.

Menurut mereka, medali-medali ini bermain dengan ikon La Loteria, dasar bagi kebudayaan Hispanik. Lambang-lambang tradisional seperti La Escalera, La Rosa, dan La Sandía (anak tangga, mawar, dan semangka) digunakan dalam lampu ini untuk mengingatkan pada akar kebudayaan setempat.

Setiap lambang-lambang tradisional itu digambarkan mengendarai sepeda. Hal tersebut merupakan metafora bagi kemajuan keadaan lingkungan daerah ini, proyek restorasi lingkungan yang terus berjalan, dan kebudayaan bersepedanya.

Instalasi ini berada di bawah jembatan layang I-35, interseksi Theo dan Malone di San Antonio. Public Art San Antonio (PASA) dan Departement for Culture and Creative Development menaungi proyek ini.

(Sumber: http://www.treehugger.com) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com