Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Proses Belajar Lancar, Bangunlah Sekolah Transparan!

Kompas.com - 29/04/2013, 18:29 WIB

KOMPAS.com - Sejatinya, arsitektur dapat berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu lainnya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Salah satu bentuk nyata perkawinan tersebut adalah sebuah sekolah di Bergen, Norwegia.

Gedung sekolah ini diselesaikan pada 2010 oleh perusahaan arsitektur asal Norwegia, Link Arkitektur. Sekolah dengan luas 14.000 m2 ini memiliki ruang untuk 800 murid. Para murid serta tenaga pengajar tidak perlu berdesak-desakan di dalam gedung berkonsep terbuka ini. Tata ruang yang fleksibel, serta penggunaan kaca secara ekstensif membangun kesan transparan dan keterbukaan dalam sekolah ini. Cara ini merupakan salah satu perlambang yang mengedepankan prospek pendidikan di masa depan.

Secara umum, sekolah memiliki dua volume besar. Satu berisi fasilitas olahraga, sedangkan lainnya berisi kelas-kelas. Material ramah lingkungan yang hanya membutuhkan sedikit perawatan menjadi unsur utama pembentuk gedung ini. Material tersebut termasuk kaca dan tembaga. Dinding-dinding kaca membuat sinar matahari dapat masuk dengan mudah. Selain itu, bangunan sekolah secara khusus juga didesain agar memiliki ruang-ruang berukuran besar, serta memiliki lapangan agar komunitas setempat dapat menggunakannya untuk lokasi beraktivitas.

Satu hal yang membuat gedung ini istimewa adalah para perancang memberikan perhatian khusus bagi penghuni bangunan yang memiliki kekurangan dalam pendengaran. Kemudahan bagi para siswa juga diakomodasi dengan cara memberikan tata ruang sederhana dalam sekolah ini. Pemberian warna-warni berbeda sebagai penanda ruangan juga tersedia. Perpaduan antara kecerdasan arsitektur serta aplikasi teknologi tinggi dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses belajar-mengajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com