Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teras dan Balkon, Sama Asyiknya!

Kompas.com - 27/04/2013, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Hidup serba ringkas dan minimalis membuat pasangan-pasangan muda di kota besar seringkali merelakan impian memiliki lahan terbuka. Bahkan jika cukup beruntung memiliki kesempatan membangun tempat bersantai di rumah pun, mereka harus memilih, apakah akan membangun teras, atau balkon.

Seperti hal menyenangkan lainnya di dunia ini, jarang sekali mereka dapat memilih keduanya. Jika terparksa tinggal di apartemen, tentu balkon adalah satu-satunya pilihan. Namun, balkon pun berbeda-beda karakternya. Antara lantai satu dengan lantai 30, tentu berbeda kebutuhannya. Sementara itu, ide memiliki teras dan halaman belakang rumah tapak pun tidak kalah menyenangkan.

Nydailynews.com mencoba menjawab kebimbangan tersebut. Situs ini mengupas pendapat broker real estat Gordon Roberts dari Warburg Realty yang menyatakan calon penghuni harus bersiap membayar mahal untuk sebuah kompromi. Desain rumah sekarang cenderung mengikuti selera pasar. Sehingga seringkali ruang-ruang di luar yang  menawan, menempel pada ruang interior yang tidak terlalu menarik. Secara garis besar, jika Anda mencari efisiensi harga dan anggaran, buatlah ruang terbuka di "patio" yang cenderung lebih murah. Jonathan Miller dari Miller Samuel mengatakan yang dimaksud sebagai 'patio' adalah balkon pada apartemen di lantai dasar.

Selain anggaran, ada beberapa hal yang sebaiknya juga Anda perhatikan, yaitu privasi dan pencahayaan. Memiliki taman di ruang terbuka mungkin menyenangkan. Tapi ingat, ada banyak mata yang bisa menyaksikan kegiatan Anda. Sementara itu, mengenai pencahayaan, apartemen-apartemen yang berada jauh di lantai atas akan dikelilingi struktur di berbagai sisinya. Sinar matahari akan terhalang hampir sepanjang waktu.

Selain itu, memiliki balkon di apartemen juga membuat Anda harus selalu waspada pada benda-benda yang mungkin secara tidak sengaja terjatuh dari apartemen di atas Anda. Kerusakan pengaliran air dan kebocoran di unit Anda juga dapat menghasilkan keluhan dari tetangga Anda. Namun, ada sisi positif memiliki apartemen di tingkat atas dengan teras balkon yakni relatif lebih sedikitnya gangguan hama dan binatang pengerat daripada apartemen di lantai dasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com