Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat... 15 Kesalahan Mendekorasi Rumah Anda!

Kompas.com - 25/04/2013, 12:42 WIB

KOMPAS.com — Kebanyakan orang berpikir bahwa mendekorasi rumah adalah hal yang mudah. Akibatnya, mereka asal saja dalam menentukan warna dinding, membeli furnitur, dan meletakkan hiasan.

Memang, sangat sering ditemukan kesalahan dalam ruangan yang didekor sendiri oleh seseorang. Menurut Olive Avianca, desainer interior dan pemilik Slivbedroom, semua orang sebenarnya bisa mendekor rumah sendiri. Karena itu, apabila Anda ingin mendekor rumah sendiri, hindari kesalahan-kesalahan ini agar rumah Anda tertata dengan baik. Hidup pun akan lebih nyaman.

1. Membiarkan area foyer kosong

Menurut Olive, hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang tidak tahu apa fungsi foyer. Pada dasarnya, foyer berfungsi sebagai area penerima tamu sekaligus ruang transisi sebelum berpindah ke ruangan dalam rumah.

2. Membiarkan kabel berserakan

Jangan biarkan kabel-kabel di rumah berserakan. Ini akan membuat rumah Anda terlihat berantakan. Anda dapat merapikannya dengan klip kabel atau menyembunyikannya di balik furnitur.

3. Tema tidak sesuai

Ada baiknya, tentukan tema utama untuk ruangan di rumah Anda sebelum mulai membeli furnitur. Tentu, Anda tetap bisa memadukan dua tema asalkan ada kesatuan agar tetap enak dilihat.

4. Salah menempatkan furnitur

Furnitur yang diletakkan sembarangan dapat membuat ruangan di rumah menjadi tidak nyaman. Sirkulasi manusia di dalam ruangan pun jadi terhambat.

5. Tetap menggunakan barang yang tidak disukai

Hibahkan pajangan atau hiasan di rumah yang memang tidak Anda sukai lagi, lalu ganti dengan yang baru. Sadar atau tidak, Anda akan merasa lebih nyaman saat ada di ruangan tersebut.

6. Terlalu matching

"Umumnya masyarakat non-desainer suka takut main warna, coklat lagi coklat lagi sepanjang pergantian tren," ucap Olive.

Anda memang harus memberanikan diri bermain dengan warna agar dapat memberikan suasana berbeda. Padu padankan warna yang berbeda pada dinding dan furnitur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com