Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Makin Serius Garap Hunian di Cikarang

Kompas.com - 24/04/2013, 15:43 WIB

CIKARANG, KOMPAS.com - Kawasan industri Cikarang kini tidak hanya menarik perhatian para investor untuk membangun pabrik-pabrik atau usaha manufaktur. Kawasan tersebut kini juga menarik para pengembang untuk membangun kawasan perumahan, retail, bahkan hotel.

Salah satu pengembang yang "berani" membangun kawasan hunian di Cikarang adalah ISPI Grup. Tidak sembarang membangun hunian, ISPI bahkan membangun hunian premium.

Cifest Hill, hunian premium tersebut, berada di kawasan Cifest Walk Cikarang. Lokasinya sekitar lima kilometer dari Tol Cikarang Barat. Untuk ukuran kawasan hunian di luar hiruk-pikuk ibukota, Cifest Hill cenderung memberikan kelengkapan bagi penghuninya. Pasalnya, Cifest Walk, adalah kawasan komersil yang berada dekat dengan Cifest dan diharapkan memenuhi kebutuhan penghuni atas fesyen, otomotif, kuliner, atau rekreasi.

Cifest Hill, khususnya klaster pertama, dibangun di atas tanas seluas enam hektar. Area ini berada di luar area Cifest Walk seluas sepuluh hektar. Di atas tanah tersebut, nantinya tidak hanya akan ada hunian, namun juga taman air (waterpark), hutan mangga (manggo park), serta hotel. Hunian ini juga memiliki gerbang elektrik, sistem keamanan CCTV dengan klaster tertutup dengan 50 persen area huniannya berupa area terbuka.

Untuk klaster pertamanya, yaitu Klaster Ivory, ISPI menyediakan sekitar 200 unit hunian, yang masing-masing memiliki luas antara 45 meter persegi hingga 150 meter persegi. Tawaran harganya mulai Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar. Meski kini ISPI mulai membangun hunian premium, sampai saat ini ISPI belum beranjak hingga taraf hunian mewah.

Menanggapi hal ini, Direktur Operasional ISPI Grup Remy Kohar mengatakan, "Kami dari dulu mulai dari (membangun) rumah sederhana. Sekarang pasar yang meminta kita untuk membangun menengah atas".

Sementara mengenai hunian Cifest Hill, Remy dan Komisaris ISPI Grup Preadi Ekarto mengatakan, bahwa 200 hektar itu terdiri dari satu hamparan.

"Namun, nantinya rumah-rumah tersebut akan memiliki gerbang (gate) berbeda-beda sesuai dengan harganya," ujar Preadi. 

Secara keseluruhan, kini ISPI Grup telah menanamkan investasi sebesar Rp 600 miliar untuk Cifest Walk dan perumahan. Perusahaan tersebut juga memiliki tanah (land bank) seluas 200 hektar di area Cikarang. Perusahaan ini mendedikasikan 10 hektar untuk Cifest Walk dan sejauh ini, enam hektar untuk Cifest Hill. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com