Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Multifungsi Banjiri Bekasi

Kompas.com - 20/04/2013, 16:50 WIB

BEKASI TIMUR, KOMPAS.com - Pembangunan proyek mixed use di wilayah timur Jakarta kembali bertambah. Kali ini, BTC City yang mencoba peruntungan di Bekasi, tepatnya Bekasi Timur. Menyusul proyek sejenis, Bekasi Town Square yang dikembangkan Binakarya Propertindo dan GranDhika City yang dirancang Adhi Persada Properti.

Sejatinya, keberadaan properti multifungsi di tapal Jakarta ini sudah ada sejak 1993. Saat itu, Metland merupakan perintis pengembangan campuran ini. Mereka membangun Metropolitan Mall dan Hotel Horison. Seiring dengan perkembangan Bekasi yang dinamis, Metland pun kemudian memperluas ruang properti-properti komersialnya dengan mendirikan Grand Metropolitan, menambah kamar hotel dan kelak akan dibangun juga apartemen.

 

Nah, rekam jejak Metland tersebut diikuti Grup Gapura Prima melalui PT Gapura Intiutama. Mereka mengembangkan BTC City dengan nilai investasi Rp 600 miliar. Ini merupakan properti multifungsi yang mencakup enam fungsi dalam satu pengembangan yakni pusat perbelanjaan berupa trade center dan mal, hunian, hotel, kondotel, dan rumah sakit.

Direktur Operasional Gapura Intiutama Jefrry K. Budisastra mengungkapkan Bekasi sangat menarik untuk investasi properti. Pertumbuhan demografis, kualitas pendapatan, serta pendidikan, meningkat pesat dibanding kurun lima tahun lalu.

"Peningkatan di segala aspek itulah yang mendorong kami sangat antusias berinvestasi di Bekasi. Meskipun sebenarnya kehadiran kami di kota ini sudah dimulai sejak tahun 2003  lewat Bekasi Trade Center. Jadi, boleh dikatakan, BTC City merupakan kelanjutan dari BTC," papar Jeffry kepada KOMPAS.com, Sabtu (20/4/2013).

Proyek ini berada di atas tanah seluas 2,6 hektar. Di atas tanah tersebut, BTC dan menara-menara yang baru dibangun kemudian akan saling menyambung. Pusat belanja   3 lantai, apartemen 13 lantai, hotel 13 lantai, dan rumah sakit Awal Bros 10 lantai akan terkoneksi satu sama lain.

Pembangunan BTC City akan memakan waktu selama lima tahun dan dibagi dalam beberapa tahap . Gapura Intiutama mengawalinya dengan pusat belanja. Disusul kemudian apartemen di tahap kedua, dan terakhir kondotel dan hotel  yang dilengkapi  convention center berkapasitas 3000 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com