Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berani "Duel" di Festival Arsitektur Dunia di Singapura?

Kompas.com - 16/04/2013, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Apa artinya punya banyak ilmu jika tidak diuji, dibagi, dan dikembangkan kembali? Tampaknya, hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya World Architecture Festival (WAF) atau Festival Arsitektur Dunia setiap tahun.

Tahun ini, WAF akan diadakan pada Oktober 2013 mendatang. Acara ini akan menjadi festival arsitektur terbesar di dunia, berikut pemberian penghargaan untuk komunitas arsitektur global.

Beruntungnya, tahun ini acara tersebut akan diadakan tidak jauh dari Indonesia, tepatnya di Marina Bay Sand, Singapura. Menurut rekanan acara tersebut, www.archdaily.com, format acara ini terbilang unik. Para profesional yang berpartisipasi akan mempresentasikan serta mendapatkan feedback dan apresasi secara langsung dari deretan juri WAF. Deretan juri yang bertanggung jawab tahun ini adalah William Alsop, Sir Peter Cook, Sou Fujimoto, Dietmar Eberle, Jeanne Gang, Marcio Kogan, Ole Scheeren, dan masih banyak lagi.

Seperti dilansir di www.archdaily.com, acara tersebut akan berisi "penampilan" produk-produk arsitektur secara langsung. Di sana juga akan digelar seminar serta paparan dari para pembicara kunci sehingga peserta akan dapat mendebat, belajar, dan terinspirasi dari para penampil.

Tentunya, tidak ada yang melarang Anda bertukar ide dengan 2.000 arsitek lainnya dari 65 negara di ajang ini. Selain itu, Anda juga dapat memperluas relasi Anda di acara milik Zaha Hadid Architects, Snohetta, Isay Weinfeld, Turenscape, dan Foster + Partners ini.

Adapun penghargaan diberikan di acara tersebut dibagi menjadi tiga kelompok besar, meliputi bangunan jadi, proyek lanskap, dan rancangan proyek. Selengkapnya mengenai festival ini bisa dilihat di www.worldarchitecturefestival.com. Pendaftaran peserta masih dibuka hingga 24 Mei 2013.

Bagi peserta asal Indonesia yang mendaftar, karyanya akan tercatat dalam daftar permanen www.worldbuildingsdirectory.com. Situs ini memiliki pengunjung mencapai 21.000 kunjungan setiap bulan. Selain itu, finalis juga akan masuk dalam situs-situs arsitektur global yang menjadi rekanan media WAF 2013, The Architectural Review, Dezeen, designboom.com dan ArchDaily.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com