Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... Satu Unit Apartemen Seharga Rp 1 Triliun

Kompas.com - 08/04/2013, 10:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pernahkah Anda mengira-ngira berapa ketinggian dan harga sebuah apartemen di kota dunia sepopuler New York? Perkiraan Anda bisa benar atau mungkin juga salah besar. Mari kita mulai menghitung harga dan ketinggian apartemen baru yang dibangun Harry Macklowe dan CIM Group.

NYDailynews.com menyebutkan, apartemen hasil rancangan Rafael Vinoly di 432 Park Avenue itu memiliki nilai bangunan dan ketinggian yang spektakuler. Hunian 96 lantai tersebut akan beradu dengan ketinggian Gedung Empire State. Harga unit-unit yang ditawarkan juga tidak kalah "menjulang".

Penawaran dimulai dari 7 juta dollar AS atau setara Rp 68,1 miliar untuk apartemen dengan satu kamar. Angka lebih tinggi disematkan pada unit bertipe tiga kamar tidur yang dilengkapi perpustakaan, yakni 20 juta dollar AS (Rp 194,7 miliar). Sementara itu, tipe penthouse satu lantai berpemandangan 360 derajat mencapai nilai nyaris Rp 1 triliun (95 juta dollar AS). Setara dengan nilai investasi sebuah proyek multifungsi di Serpong, Tangerang Selatan.

Apartemen di lokasi yang pernah menjadi "rumah" bagi Drake Hotel ini memiliki langit-langit setinggi 3,81 meter, jendela 3 x 3 meter, dan pintu setinggi 2,7 meter.

"Segala hal mengenai gedung setinggi 425,5 meter tersebut luar biasa," ujar broker Douglas Elliman, Lisa Simosen, seraya menambahkan tidak ada unsur yang tidak menawan.

"Gedung ini sangat mencuri perhatian publik," ujar broker CORE, Jarrod Guy Randolph. Tidak hanya spektakuler dalam fasilitas di tiap-tiap ruangan, tetapi gedung ini juga memiliki kolam renang dengan panjang 22,8 meter, sauna, ruang uap, pusat kebugaran, dan ruang kantor.

Kendati sempat bermasalah dengan ketinggian dan harus mendapat persetujuan dari The Federal Aviation Administration, apartemen mewah ini laku keras. Sepertiga dari 123 unitnya sukses berpindah tangan ke kalangan elite New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com