Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kantor Pemadam Kebakaran atau Galeri Seni?

Kompas.com - 31/03/2013, 21:28 WIB

KOMPAS.com - Tidak ada salahnya menggabungkan keindahan dengan keseriusan dan tanggung jawab. Hal ini terbukti pada Kantor Pemadam Kebakaran yang berada di Vleuten, Utrecht, Belanda.

Kantor tersebut merupakan hasil karya Van Rooijen Nourbakhsh Architecten. Desainnya yang modern, sederhana, dan edgy ini membuat kantor pemadam tersebut tampak seperti sebuah galeri seni.

Program yang diinisiasi oleh Van Rooijen Nourbakhsh Architecten mencangkup sebuah garasi untuk tiga mobil pemadam, ruang ganti pakaian, kantor, area instruksi, dan sebuah kafetaria. Kantor Pemadam ini berada di area suburban penuh dengan rumah-rumah tradisional.

Berdiri di atas lahan yang relatif kecil, gedung dua lantai ini memiliki desain berbentuk kubus. Rencana pembangunan pada gedung ini sangat ringkas dan mengedepankan fungsi pada desainnya. Semua ini bertujuan untuk membuat para pemadam mampu mengambil tindakan dengan cepat dalam keadaan darurat. Tim pemadam juga harus mampu mencapai lokasi kebakaran hanya dalam waktu delapan menit.

Berbeda dengan rumah-rumah tradisional di sekeliling kantor pemadam ini, desain gedung pemadam memiliki karakter spesifik yang mengekspresikan profesionalisme aparat pemadam. Baja berwarna perunggu mengelilingi konstruksi ini bersama dinding-dinding berwarna merah.

Menurut sang arsitek, dinding merah ini melambangkan kekuatan para petugas pemadam. Struktur yang terkesan "garang" dan profesional berbeda dengan interiornya.

Kantor ini memiliki interior lebih lembut dengan penggunaan kayu dan berbagai warna. Berdiri di luar, hingga melangkah masuk ke dalam kantor pemadam ini, masyarakat di sekitarnya akan mendapat sambutan hangat dari kaca-kaca yang menampilkan seisi kantor. Pasalnya, kaca di area pintu masuk umum gedung ini transparan.

Area pintu masuk tersebut juga berfungsi sebagai "museum". Di tempat ini berjajar berbagai alat pemadam dari masa lalu.

Memang, seni diaplikasikan pada gedung ini sehingga membuat semua orang merasa seperti tengah berada di dalam rumah. Sebuah foto besar menggambarkan gedung pemadam kebakaran lama berada di salah satu dinding geser di gedung ini. Di dalam kafetaria, salah satu dinding mendapat hiasan berupa gambar besar hitam-putih berisi foto dari salah satu album milik pemadam kebakaran. Selain itu, piala-piala juga menjadi penghias gedung ini.

Transparansi gedung, baik di dalam maupun di luar merupakan hal mendasar pada bangunan tersebut. Hal ini memiliki pengaruh positif dalam kooperasi antara para pemadam dengan pengenalan pada publik. Mobil-mobil pemadam api yang "terpajang" di dalam kaca juga menjadi semacam pengingat bagi penduduk setempat, bahwa aparat pemadam selalu siap sedia menghadapi keadaan darurat.

Baca juga: "Amin", Perpustakaan Keren dari 7 Kontainer Bekas di Malang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com