Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gunung Buku", Selimut Kaca yang Luar Biasa....

Kompas.com - 28/03/2013, 11:44 WIB

KOMPAS.com - "Gunung Buku" hasil karya MVRDV yang berada di tengah-tengah lapangan town market Spijkenisse baru saja memenangkan Red Dot Design Award sebagai "desain berkualitas tinggi" dalam kategori Arsitektur dan Desain Urban. Juri memilih Book Mountain atau Gunung Buku MVRDV tersebut dari antara 4.662 submisi dari 54 negara.

Para juri menyimpulkan, karya MVRDV ini memiliki kualitas luar biasa dan solusi detail yang begitu halus. Kaca yang menyelimuti konstruksi bangunan Gunung Buku tersebut memiliki tugas ganda sebagai media pengiklan dan undangan untuk membaca buku.

Bagian dalam bangunan ini dapat dengan mudah terlihat dari luar, terutama pada malam hari. Dengan bentuk bangunan yang begitu unik dan tembus pandang tersebut, perpustakaan umum ini kini memegang peranan penting dalam menarik minat penduduk Spijkenisse dan mengurangi angka buta huruf di wilayah yang bersangkutan.

Sebenarnya, selain perpustakaan, bangunan ini juga menjadi "rumah" bagi pusat pendidikan, klub catur, auditorium, ruang rapat, kantor komersial, dan retail. Bangunan yang baru dibuka secara resmi pada Oktober lalu oleh Putri Laurentien dari Belanda ini, bersama dengan pemenang Red Dot Design Award lainnya akan dipajang pada 2 - 28 Juli 2013 dalam pameran Design dalam panggung – Pemenang Penghargaan Red Dot: Desain Produk 2013 di Museum Red Dot Desain di Zeche Zollverein Coal Mine Industrial Complex, Essen, Jerman.

Penghargaan Red Dot setiap tahunnya diberikan kepada desain paling menonjol dari sisi kualitas dan halusnya detail pengerjaan. Penghargaan ini berawal dari tahun 1955 hingga sekarang.

Saat ini, penghargaan tersebut menjadi penghargaan terbesar dan bergengsi dalam kompetisi desain. Penilaian terbagi menjadi tiga disiplin, yaitu desain produk, desain komunikasi, dan desain konsep.

Baca juga: Capital Gate, Gedung Paling Miring di Dunia!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com