Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Billboard House", Betul-betul Rumah di Papan Reklame!

Kompas.com - 26/03/2013, 14:48 WIB

KOMPAS.com - Papan-papan reklame berukuran besar tampaknya memang telah "menguasai" kota-kota besar di seluruh dunia. Namun, apa jadinya jika papan reklame tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal?

Untuk mengetahuinya, Agen Marketing Scribe mencoba langsung membangun rumah yang menempel di papan reklame. Proyek tersebut merupakan bagian dari kampanye periklanan milik Agen Marketing Scribe.

"The Billboard House" merupakan sebuah struktur prefab yang menempel pada bagian belakang kanvas papan reklame. Sebutan "prefab" didapatkan oleh struktur bangunan ini karena proses kontruksinya menggunakan modul hasil fabrikasi industri. Karena itulah, pembangunan "rumah" ini relatif cepat, hanya memakan waktu satu bulan sejak Februari 2013 lalu hingga awal Maret 2013 ini.

Konstruksi tersebut berada di atap sebuah bangunan di Mexico City, tepatnya di Alexandre Dumas 123, Polanco, Mexico City, Meksiko. Bangunan ini didesain oleh Julio Gómez Trevilla.

Namun, tidak hanya berperan sebagai papan reklame. Rumah ini juga menjadi tempat tinggal bagi seniman yang dibayar untuk melukis pada papan reklame. Meski disebut dengan nama "The Billboard House", konstruksi yang menghabiskan area seluas 16 meter persegi ini hanya dibangun sebagai tempat tinggal sementara. Seniman yang menempati papan rekame tersebut dapat tinggal selama 10 hari hingga karya seni yang ia kerjakan selesai.

Harus merasa nyaman

Sejak awal, konstruksi di belakang papan reklame memang didesain hanya memiliki satu kamar serba guna. Rumah tersebut dapat mengalami transformasi mengikuti kebutuhan dan keinginan sang seniman. Pasalnya, dalam menyelesaikan proyek, sang seniman harus mampu merasa nyaman di "tempat tinggal" sementaranya itu.

Interior di rumah ini penuh dengan panel-panel chipboard (papan partikel) ringan. Di dalamnya juga tersedia sebuah kamar tidur kecil, kamar mandi, ruang ganti pakaian, dapur, dan sebuah meja. Bahkan, "rumah" ini memiliki teras yang dapat diakses lewat pintu di papan reklame.

Papan reklame yang terintegrasi dengan rumah ini berfungsi ganda, yaitu sebagai fasadnya. Untuk mengurangi kelebihan panas dalam konstruksi ini, desainer menggunakan atap kayu terpisah dari modul hunian. Dengan cara ini, ia menciptakan tudung bagi ruang di bawahnya dan membentuk dek teras. Sementara persediaan air untuk konstruksi ini terletak di tower berukuran kecil yang menjadi bagian dalam struktur reklame.

Anda terinspirasi?

Baca juga: "Rumah Hind", Beginilah Konsep Rumah Tahan Banjir....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com