Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Ringkas untuk Si Pemalas

Kompas.com - 26/03/2013, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Kemalasan adalah sumber dari berbagai masalah. Tak dapat dipungkiri, kebiasaan bersantai dan menunda pekerjaan sudah terlalu melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Memang, meskipun sudah berusaha dilawan, kebiasaan buruk ini seolah selalu sukses menghantui kita. Namun, pada satu titik kehidupan, si Malas pun harus bergerak dan membersihkan sekelilingnya.

Sebetulnya, beberapa cara ini bisa dicontoh untuk "melawan" rasa malas dalam membersihkan kamar dan rumah Anda. Sebelum mulai membersihkan, berinvestasilah pada solusi penyimpanan berdesain baik dan tidak merusak estetika rumah. Bila perlu, beri keterangan mengenai isi kontainer penyimpanan tersebut.

Selain itu, kurangi barang-barang menumpuk di luar kontainer, karena hal itu hanya akan menyebabkan penumpukan debu. Biasakan untuk mengembalikan barang-barang ke kontainer tersebut. Ketika mulai membersihkan, tanyakan pada diri Anda, apakah Anda membersihkan karena rutinitas atau karena ingin menyambut tamu.

Jika "terpaksa" membersihkan rumah karena ingin menyambut tamu, jangan membuang waktu! Fokuslah pada area-area dengan traffic tinggi, seperti kamar mandi, ruang makan, dan pintu masuk. Di kemudian hari, cobalah untuk tetap menjaga agar ketiga area tersebut tetap rapi meski tidak sedang menerima tamu. Untuk itu, jadikan hal-hal berikut ini sebagai rutinitas Anda:

1. Menyambi pekerjaan

Jika merasa tidak punya waktu untuk membersihkan kamar mandi, cara ampuh untuk Anda adalah menyambi pekerjaan. Misalnya, sembari menyikat gigi, perbaiki lokasi keset di kamar mandi Anda, bereskan penataan shampoo, odol, dan barang-barang lainnya.

Hal ini juga bisa Anda lakukan di kamar tidur. Misalnya, ketika Anda bangun pagi, lakukan streching di atas tempat tidur sembari membenahi kasur dan melipat selimut Anda.

2. Sekaligus beraktivitas

Saat bangun pagi, hindari keluar kamar dengan tangan hampa. Keluarkan sampah dari kamar Anda atau barang-barang yang seharusnya tidak ada di kamar. Sambil berjalan menuju dapur untuk membuat kopi, Anda dapat mengurangi barang-barang menumpuk di dalam kamar Anda. Manfaatkan waktu-waktu seperti ini untuk mengembalikan barang-barang ke lokasi penyimpanan yang sebenarnya, seperti tempat sampah.

3. Berbenah saat iklan

Membereskan ruang keluarga, ruang tamu, atau kamar Anda juga bisa Anda lakukan saat jeda iklan acara TV yang tengah Anda saksikan. Ketimbang berdiam diri, ada baiknya Anda membereskan barang-barang di sekeliling Anda. Tidak perlu yang besar dan sulit, tapi cobalah membenahi coffee table atau nightstand di samping tempat tidur Anda.

4. Hindari "jeda"

Sepulang kantor atau bepergian, sebelum membuka sepatu dan mengganti baju Anda dengan baju rumah, keluarkan sampah dari rumah Anda. Anda juga bisa merapikan deretan sepatu di dekat pintu masuk rumah. Pekerjaan ini bisa Anda lakukan tanpa harus menunggu hingga Anda duduk dan beristirahat yang kerap membuat sulit untuk mulai bergerak dan membersihkan rumah.

5. Segera saat waktunya tiba 

Jangan menunda pekerjaan, ini kunci utama membuang rasa malas. Misalnya, membersihkan piring atau gelas Anda setelah makan dan minum. Namun, Anda juga boleh "menunda" untuk mengurangi pekerjaan. Sebagai contoh, bersihkan lemari es Anda tepat waktu sebelum harus membeli bahan-bahan makanan beku. Dengan cara ini, Anda akan menghadapi lemari es yang relatif lebih kosong dari biasanya.

(Sumber: www.sheknows.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com