Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupakan Garasi!

Kompas.com - 25/03/2013, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Umumnya, memenuhi garasi dengan berbagai perlengkapan dan merawatnya adalah "teritori" kaum Adam. Namun, sebagai salah satu bagian dari rumah, garasi sebenarnya berhak menerima perhatian dari seluruh anggota keluarga.

Berikut ini beberapa hal sederhana dan mendasar yang dapat membantu Anda mendekor, merawat, dan menangani garasi di rumah Anda:

Memilih warna garasi

Dalam memilih warna dinding garasi, Anda sebaiknya mempertimbangkan isi dan penggunaan garasi tersebut. Jika Anda tidak hanya menyimpan kendaraan di dalamnya, namun juga menggunakannya untuk bekerja seperti memperbaiki mobil atau mengerjakan karya pertukangan, ada baiknya Anda memilih warna-warna yang "ringan". Alasannya, warna-warna terang mampu memantulkan cahaya dengan lebih baik.

Namun, apapun kegunaan garasi, memang ada baiknya Anda menggunakan warna terang seperti abu-abu muda atau coklat muda. Warna-warna ini memberikan kesan modern pada garasi Anda, tanpa menyerap banyak cahaya. Selain itu, warna-warna ini mampu "menyembunyikan" kotoran dan noda dengan cukup baik.

Setelah memilih warna, pilihlah cat berjenis semi-gloss. Dinding dengan cat semacam ini dapat Anda bersihkan hanya dengan cara mengelapnya. Jadi, warna ini mudah dan efisien untuk Anda gunakan di garasi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cat papan tulis agar dinding garasi yang kosong dapat Anda gunakan. Sebaiknya, jangan membiarkan dinding Anda "menganggur" sementara banyak barang berserakan di lantai garasi.

Gunakan dinding tersebut untuk menempelkan pegboard. Pegboard berfungsi untuk menggantung barang-barang Anda.

Lantai garasi

Jika ingin membiarkan garasi Anda berlantai beton ekspos, Anda membutuhkan cat epoxy (primer). Finishing kuat ini dapat menahan lantai dalam kondisi prima lebih lama dari cat biasa. Cat ini menghindari lantai garasi Anda dari retakan dan pengelupasan.

Anda dapat merawat lantai tersebut dengan lebih mudah. Namun perlu diingat, jika ingin mengecat sendiri lantai garasi Anda, maka pastikan dahulu ruang kerja Anda memiliki ventilasi udara yang baik. Gunakan pengaman mata dan sarung tangan untuk melindungi tubuh Anda dari bahan kimia berbahaya.

Penyimpanan cermat

Sebaiknya, Anda menyimpan perlengkapan dengan metode vertikal. Artinya, Anda bisa menggantung perlengkapan dan perkakas Anda pada pegboard, kemudian menyimpan barang-barang kecil yang mudah terselip pada toples. Taruh toples tersebut pada rak yang dapat dengan mudah Anda akses.

Pilih juga kontainer atau toples berkaret tahan tikus dan dapat ditumpuk. Jangan lupa, memberikan label nama atau jenis isi toples adalah hal penting. Anda dapat dengan mudah menemukan apa yang Anda perlukan.

(Sumber: http://www.sheknows.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com