Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... Cantiknya Ruang Serba Guna untuk Pegawai Kereta!

Kompas.com - 18/03/2013, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Yardmaster benar-benar dikelilingi oleh rel kereta. "Sedikit" lahan yang menjadi lokasi gedung ini terbentuk jadi jalur rel kereta yang membentuk formasi V-Line di ujung peron lima dan enam.

Gedung di atas area seluas 1.350 meter persegi ini merupakan fasilitas multiguna bagi para pekerja dan operator anggota Southern Cross Rail Yard, Melbourne, Australia. Gedung tampak unik dan modern tersebut, sebelumnya sempat tertinggal begitu saja selama bertahun-tahun. Kini, di tangan arsitek McBride Charles Ryan, Yardmaster mendapatkan bentuk yang dapat dibanggakan.

Yardmaster berada di area tanah yang tidak boleh diakses oleh publik. Namun, meski tidak dapat diakses, konstruksinya tampak kaku, serta aksen menyerupai bintang-bintang dapat dinikmati oleh siapapun.

McBride Charles Ryan memanfaatkan lokasi "misterius" ini sebagai inspirasi dari desainnya. Bukan hanya membuat perjalanan komuter menjadi lebih menyenangkan karena adanya "pemandangan" di antara rel, sang arsitek juga telah melakukan breaktrough dengan membuat gedung hemat energi.

Gedung tersebut secara drastis mampu meminimalisasi konsumsi energi. Penghematannya berasal dari fasadnya yang canggih, yaitu sistem beton kulit ganda.

Kerumitan dan biaya konstruksi di antara rel kereta ini sungguh besar. Dalam pembangunan gedung ini, adanya strategi menyeluruh untuk menekan jumlah area konstruksi dan mengurangi penutupan rel tampaknya membutuhkan biaya lebih. Tim pembangun gedung ini membutuhkan lokasi di luar situs pembangunan untuk menyelesaikan pengerjaan.

Hasilnya terbayar sudah. Proyek yang diinisiasi pada 2009 tersebut kini menjadi landmark cantik di antara kerasnya baja-baja Melbourne. Bahkan, aksen pada kulit terluar bangunan ini mampu memberikan mood tersediri ketika beton dan kaca-kaca berbentuk unik terpantul cahaya matahari sore Melbourne.

Baca juga: Menghadapi Bisingnya Tetangga bak di "Neraka"....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com