Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cermat Memilih Kompon untuk Papan Gipsum!

Kompas.com - 18/03/2013, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Untuk memperbaiki plafon maupun dinding gipsum, Anda tentu membutuhkan kompon sebagai perekat. Awas, jangan salah pilih produk!

Pada umumnya, perusahaan-perusahaan yang memproduksi gipsum dan kompon perekat mengepak bubuk plaster tersebut dalam jumlah cukup banyak, yakni 20 kilogram. Namun, menurut System Development Representative PT Petrojaya Boral Plasterboard Suwarso, saat ini toko-toko bangunan dengan kreatif telah mengepak kembali bubuk plaster dalam satuan lebih kecil, yaitu kemasan satu kilogram.

Untuk itu, sebelum membeli kompon, ada baiknya Anda mengetahui jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Dengan memberikan informasi mengenai pengerjaan tersebut, petugas di toko bangunan dapat memberikan produk yang tepat bagi Anda.

Memang, meskipun mudah diperoleh, sebaiknya Anda tetap waspada dan mengetahui dengan pasti bagaimana ciri-ciri kompon berkualitas baik. Pertama, carilah kompon yang memiliki hasil akhir (finishing) baik. Dengan kata lain, kompon berkualitas baik tidak akan meninggalkan gelembung-gelembung udara, menggumpal, atau seolah tidak menyatu.

Kedua, carilah kompon perekat yang hanya memakan sedikit waktu dalam proses pencampuran. Selain itu, pastikan juga kompon tersebut memberikan waktu kerja yang pas.

Ketiga, ketika proses pengerjaan sedang dilakukan, Anda dapat segera merasakan perbedaan antara kompon berkualitas baik dan tidak. Kompon berkualitas baik akan mudah "ditarik" dalam proses perataan tersebut.

"Istilahnya, kompon semacam ini memiliki good trowelling process," ujar Suwarso.

Terakhir, pastikan kompon Anda tidak susut dengan berlebihan, terutama ketika kadar air di dalam campuran kompon sudah menguap. Selain itu, kompon berkualitas baik dapat mengikat dengan kuat.

"Untuk diperhatikan juga, sebaiknya kompon harus disimpan dalam keadaan tertutup dan dalam ruangan yang kering, terlindung dari temperatur ekstrim," kata Suwarso.

Suwarso menyarankan, penyimpanan dalam ruangan yang tidak sesuai atau kondisi kemasan terbuka hanya akan memperpendek masa pakai produk.

Baca juga: Tenang... Ada Paku Penggantung Khusus di Dinding Gipsum!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com