Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPD RI Resmikan 100 Ribu Rumah Sejahtera Tapak

Kompas.com - 11/03/2013, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (DPP REI) akan meresmikan 100 ribu unit rumah sejahtera tapak (RST) yang dikembangkan oleh pengembang anggota DPP REI di seluruh Indonesia. Peresmian proyek RST tersebut akan dilakukan Rabu (13/3/2013), dipusatkan di Perumahan Nuansa Griya Arosuka yang dibangun PT Guna Griya Abadi, Arosuka, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Mengapa memilih Sumatera Barat, karena untuk memacu hasrat kalangan pengembang membangun proyek sejenis di luar Pulau Jawa. Ini karena kebutuhan perumahan di luar Jawa juga lumayan besar," kata Ketua panitia pelaksana peresmian 100 ribu unit RST DPP REI, Bally Saputra, di Jakarta, Senin (11/3/2013).

Peresmian proyek 100 ribu RST ini akan dilakukan oleh Ketua DPD RI, Irman Gusman. Dia meminta kepada para kepala daerah di seluruh Indonesia untuk melakukan percepatan pengembangan perumahan bekerja sama dengan anggota REI dan instansi lainnya yang juga berkewajiban menyediakan perumahan untuk masyarakat. Pemerintah, baik pusat maupun daerah, juga harus memiliki komitmen untuk terus membangun perumahan rakyat, terutama untuk golongan menengah ke bawah.

"Gubernur, Bupati dan Walikota yang bagus adalah yang bisa menjadi contoh dalam upaya memfasilitasi dan memberikan kemudahan agar pembangunan perumahan rakyat berjalan dengan baik di daerahnya masing-masing berupa infrastruktur, kemudahan perizinan, dan lainnya," ujar Irman.

Irman mengatakan, berdasarkan PP Nomor 38 Tahun 2007, wajib hukumnya bagi pemerintah daerah untuk ikut melakukan pembangunan perumahan rakyat, terutama untuk golongan menengah ke bawah.

Sementara itu, Ketua Umum DPP REI, Setyo Maharso, menyebutkan, 70 persen dari sekitar 2.500 anggota REI adalah pengembang yang berhasil membangun RST bagi MBR di seluruh Indonesia. Sebagian besar RST yang dibangun pengembang tersebut adalah kontribusi dari para pengembang anggota REI.

"Sejak masa kabinet Indonesia bersatu secara rutin REI melakukan kegiatan peresmian RST yang keseratus ribu unit. Ini adalah peresmian 100 ribu unit RST yang keempat oleh REI, setelah di Semarang tahun 2007, Jonggol di Jawa Barat tahun 2008, serta di Lamongan Jawa Timur pada 2010," papar Setyo.

Sesuai rencana, peresmian 100 ribu unit RST yang didukung seribu lebih pengembang ini akan dihadiri oleh Menteri Perindustrian MS Hidayat, Kepala Badan Pertanahan Nasional Hendarman Supandji, serta Menteri Perumahan Rakyat era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I Muhammad Yusuf Asy'ari dan Menpera era KIB II (2009-2011) Suharso Monoarfa. Turut hadir pula Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, Dirut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Gatot M Suwondo, dan didukung sepenuhnya oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com