Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Susah Merawat Rumput Gajah

Kompas.com - 08/03/2013, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Seolah permadani hijau membentang di atas tanah, rumput yang terawat akan memberikan keselarasan warna hijau yang menyejukkan mata. Karenanya diperlukan perawatan yang tepat, seperti berikut ini.

Siram rumput secara rutin

Meskipun rumput termasuk jenis tanaman yang mudah hidup dan tidak memerlukan perawatan ekstra, Anda tetap harus memperhatikan penyiramannya. Lakukan dua kali dalam sehari.

Pemupukan rutin

Tanaman sehat dan subur dengan pemupukan yang rutin dan tepat. Tidak ada campuran khusus yang harus Anda persiapkan saat akan melakukan pemupukan. Anda bisa menggunakan aneka jenis pupuk, mulai dari Urea, NPK, hingga kompos.

Pencahayaan

Tahukah Anda, bahwa pencahayaan juga memberikan dampak besar pada bentuk rumput nantinya? Rumput dengan pencahayaan minim biasanya memiliki ciri-ciri daun yang tumbuh ke atas bukan ke samping dan daun lebih lebar dari biasanya. Hal ini jelas mempengaruhi keseluruhan tampilan taman Anda.

Hama dan gulma

Gulma adalah pengganggu perkembangan rumput. Jika terdapat gulma, segera cabuti hingga ke akar-akarnya sehingga tidak membiarkan gulma melebar.

Pijakan

Beri pijakan batu pada taman Anda agar rumput Anda tidak terinjak-injak. Meskipun sebenarnya rumput termasuk tanaman kuat dan bandel, ada baiknya Anda menghindari beraktivitas di atasnya. Hal ini dimaksudkan agar helaian daun rumput tetap terjaga keindahannya. (Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com