Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Silahkan, Warnai Plafon Gipsum Sesuka Hati!

Kompas.com - 07/03/2013, 11:07 WIB

KOMPAS.com - Warna memegang peranan penting dalam dekorasi rumah Anda. Dengan memilih warna yang tepat, Anda juga akan memberikan stimulasi tepat bagi interior maupun eksterior rumah.

Sebagai contoh, memilih warna terang seperti putih, kuning gading, atau abu-abu terang untuk plafon akan membuat ruang terasa lebih luas ketimbang menggunakan warna-warna gelap. Namun, muncul pertanyaan, bagaimana dengan langit-langit yang terbuat dari papan gipsum? Bisakah pemilik rumah memilih warna sesuka hatinya?

Jawabannya, tentu bisa. Warna asli papan gipsum yang putih dan kekuningan dapat ditutup dengan cat dinding. Hal ini dipaparkan oleh Suwarso, System Development Representation PT Petrojaya Boral Plasterboard, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (6/3/2013). Suwarso mengatakan, meskipun tidak tahan terpapar air terus-menerus, plafon gipsum tetap dapat dicat.

"Kalau catnya sudah pudar, dicat lagi juga tidak apa-apa," ujar Suwarso.

Menurut dia, baik plafon maupun dinding gipsum (drywall), keduanya dapat dilapisi dengan cat dinding maupun cat minyak. Jika suatu saat ingin mengganti warnanya, Anda pun hanya perlu menutup permukaan gipsum tersebut dengan cat baru. Anda tidak perlu mengeroknya karena cat tidak akan mengelupas. Berikut ini beberapa tips untuk memudahkan Anda memilih gaya dan warna yang tepat bagi plafon Anda:

Warna yang sama

Pertama, Anda dapat mengecat plafon menggunakan warna yang sama dengan dindingnya untuk kamar mandi, terutama jika sebagian dinding tertutup dengan ubin. Menggunakan warna yang sama dapat menyatukan ruang tersebut.

Kecuali merah muda

Kedua, jika Anda ingin mewarnai dinding dan plafon dengan warna yang sama, usahakan warna plafon sudah Anda kurangi "kekuatannya" hingga 50 persen. Namun, hal ini tidak berlaku bagi warna merah muda. Mengurangi kekuatan warna tersebut untuk langit-langit hanya membuat warna merah muda semakin tampak menyala.

Ide yang bagus

Ketiga, pemakaian warna biru pucat adalah ide yang bagus untuk mewarnai langit-langit rumah Anda. Biru muda mampu memberikan rasa seolah-olah ada "langit" di rumah Anda.

Nuansa putih

Keempat, hindari mewarnai langit-langit jika Anda sudah terlalu banyak memiliki warna putih di ruang tersebut.

Hindari gelap

Kelima, hindari mewarnai langit-langit rumah Anda dengan warna yang lebih gelap dari dinding jika langit-langit Anda tergolong rendah.

Keenam, jika ingin menggunakan cat jenis mengkilap (semi gloss atau glossy), pastikan sebelumnya melakukan proses pengomponan level-5 untuk menghindari efek glancing light. Untuk info detailnya, silahkan menyimak Sambungan Papan Gipsum Berbayang? Ini Antisipasinya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com