Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Kayu Peti Kemas Makin Naik Kelas!

Kompas.com - 05/03/2013, 15:39 WIB

KOMPAS.com - Satu keunggulan dari material kayu adalah nilai estetika alam yang dimilikinya, mulai dari guratan hingga mata kayunya. Kayu dapat diolah menjadi berbagai macam kreasi.

Kayu jati Belanda atau yang kerap kita kenal dengan kayu peti kemas memiliki daya tarik tersendiri. Sesuai dengan namanya, kayu jenis ini memang lazimnya digunakan pada peti kemas.

Namun, aplikasinya sekarang tidak hanya terbatas pada pengemasan saja, melainkan untuk furnitur maupun panel dinding. Banyak kelebihan dimiliki dari kayu jati Belanda. Karena memang difungsikan untuk peti kemas, biasanya kayu jati Belanda dikenai harga yang relatif murah.

Namun, bukan berarti tidak ada standar kualitasnya. Kayu jati Belanda yang berasal dari Jerman memiliki kualitas yang tinggi. Kayu peti kemas ini memiliki standar kekeringan tertentu dari skala internasional, sehingga materialnya lebih ringan dan mudah untuk dimobilisasi.

Sayangnya, kayu ini sangat rentan terhadap rayap. Untuk itu, dibutuhkan penanganan yang tepat pada proses awal pengolahan kayu. Muai-susut kayu pun sangat tinggi sehingga membutuhkan tulangan untuk memperkuat strukturnya pada furnitur. (Indra Zaka Permana/Berbagai Sumber)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com