Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual... Rumah dengan Miniatur Rel Kereta Sepanjang 121,9 Meter!

Kompas.com - 01/03/2013, 14:27 WIB

KOMPAS.com - Salah seorang petinggi di perusahaan perkeretaan First Great Western Trains, sekaligus salah satu orang paling berpengaruh di daerah Plymouth, Devon, Inggris, baru saja menjual properti dengan enam kamar miliknya. Ia menjual properti itu dengan harga sekitar 800.000 poundsterling atau setara dengan Rp 11,7 miliar.

Uniknya, pembeli rumah tersebut tidak hanya akan mendapatkan sebuah rumah, namun juga sebuah rangkaian kereta mainan. Seperti dilansir www.dailymail.co.uk, rel kereta yang berada di teras belakang rumah milik Charles Howeson memiliki ukuran sepanjang 400 kaki atau sekitar 121,9 meter.

Sumber lain seperti www.metro.co.uk dan www.hisisplymouth.co.uk bahkan menyebutkan, panjang rel kereta miniatur di rumah Howeson itu berukuran 1,2 km atau setara dengan 4000 kaki. Setelah melewati proses pertimbangan yang alot, akhirnya Charles Howeson memutuskan untuk menjual rumahnya.

"Rumah ideal" menurut Howeson tersebut dikenal juga dengan sebutan Smallack Barn. Menurut dia, sudah tiba waktu bagi Smallack Barn untuk dijual ke pasaran. Pasalnya, saat ini ia tengah berjuang melawan penyakit serius bersama sang istri, Emma.

Rumah tersebut memiliki ruang keluarga, ruang makan, sebuah unit terpisah, dan taman lanskap dilengkapi danau, kolam air panas outdoor, serta satu rangkaian kereta api mainan.

Sejarah rumah dengan enam level ini berawal 13 tahun lalu. Saat itu, lokasi rumah ini masih berupa kandang dan lumbung. Setelah berada di tangannya, lokasi tersebut kemudian diubah menjadi sebuah rumah keluarga berskala besar.

"Benar-benar sedih harus mengucapkan perpisahan dengan rumah yang benar-benar kami bangun sendiri," ujar Howeson.

"Sebelumnya, tempat ini hanya memiliki beberapa lumbung. Anda hanya dapat benar-benar memiliki sebuah rumah sempurna di hidup Anda, dan inilah rumah sempurna tersebut. Rumah ini telah memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga selama beberapa dekade," tambahnya. 

Howeson memang sudah menyatakan, bahwa ia telah "memenangkan pertempuran" dengan penyakitnya. Namun, penyakit tersebut juga menyadarkannya, bahwa ia dan istrinya lebih baik mengadopsi gaya hidup lebih sederhana. Karena itulah, Howeson menawarkan rumah tersebut dengan harga 880.000 poundsterling.

Pasangan ini sudah membeli properti berukuran lebih kecil di lokasi yang sebelumnya merupakan rumah sakit di daerah Stonehouse, Plymouth. Mereka akan pindah ke rumah tersebut ketika proses penjualan ini rampung.

"Kami pindah ke rumah yang lebih kecil, sekitar satu per lima dari ukuran rumah ini, jadi ini akan sedikit mengalami tantangan dalam memilih barang-barang yang akan kami bawa. Saya tentunya tidak dapat membawa koleksi miniatur alat transportasi milik saya," kata Howeson. 

"Setelah kepindahan, tentunya akan ada perbedaan besar dalam hal gaya hidup. Kami sangat menyukai tinggal di Plymouth, namun kami selalu merasa bahwa di tempat ini, kami seperti tinggal di pedesaan. Kami dapat melihat jauh ke lembah dari teras kami, namun di saat yang sama kami tidak berada jauh dari pusat kota," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com