Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah "Kaum Hippie" Dijual Hampir 1 Juta Dollar AS!

Kompas.com - 28/02/2013, 11:37 WIB

KOMPAS.com - Sebuah rumah besar di daerah pegunungan West Virginia pernah menjadi salah satu lokasi komunitas kaum hippie, kaum yang menginginkan adanya revolusi di Amerika Serikat di era 1960-an. Rumah tersebut kini dijual seharga 950.000 dollar AS atau sekitar Rp 9,2 miliar.

Properti tersebut bernama Zendik Farm Arts Foundation di West Virginia. Rumah ini menempati area seluas 72,8 hektar.

Sampai saat ini, Zendik Farm Arts Foundation menampung para seniman untuk tinggal dan bekerja di dalam peternakan tersebut. Di dalam rumah utamanya terdapat tujuh kamar tidur, tiga kamar mandi, sebuah perapian dengan pemandangan alam luar biasa. 

Zendiks, begitu sebutan bagi sebuah grup bergaya hippie yang didirikan oleh sekelompok seniman pada 1969. Kelompok ini seringkali dipandang sebagai sebuah sekte, namun hal tersebut ditolak oleh anggotanya.

Dalam sebuah pernyataan dalam laman Facebook kelompok ini tertulis, "Seniman Zendik berdedikasi untuk menciptakan perubahan kelangsungan hidup dan kehidupan sosial lewat karya seni. Kami hidup dan bekerja bersama di Zendik Farm Arts Foundation, bertempat di pegunungan West Virginia".

Selain pernyataan-pernyataan ini, grup tersebut juga terkenal dengan kalimat, "Stop bitching, start a revolution ("Berhenti mengeluh, mulailah sebuah revolusi".). Kalimat tersebut mereka cetak di kaos-kaos yang mereka jual di jalan-jalan Washington DC.

Membubarkan diri?

Wulfsong Ranch, peternakan yang ada di dalam area ini mendapatkan namanya dari sang pendiri, Wulf Zendik. Zendik sendiri meninggal pada 1999 lalu. Istrinya kemudian mengambil alih seluruh fasilitas.

Kini, properti tersebut masuk ke pasaran dengan nilai hampir satu juta dolar AS. Padahal, menurut Zillow's Zestimate, properti ini hanya bernilai sekitar 376.302 dolar AS.

Properti yang dibangun pada 1990 tersebut disebut-sebut memiliki lokasi berburu ideal, tempat berkuda, serta perkebunan organis. Anda bahkan akan menemukan danau pribadi di dalam area ini.

Di bagian dalam rumah, jendela-jendela besar memberikan kesempatan bagi banyak sinar matahari masuk ke dalamnya, terutama di dapur dan ruang tamu. Selain itu, rumah ini juga memiliki kamar mandi berukuran besar.

Saat ini, masih belum jelas, apa yang akan terjadi para sekelompok seniman yang tergabung dalam Zendik Farm Arts Foundation ini setelah rumah itu dibeli orang. Akankah mereka membubarkan diri atau sekedar berpindah tempat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com