Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rak Laci Cantik Buatan Sendiri

Kompas.com - 27/02/2013, 11:19 WIB

KOMPAS.com — Presenter televisi dan ahli renovasi rumah Kirstie Allsopp merupakan seorang penggemar kegiatan daur ulang. Allsopp mampu membuat barang-barang tua di rumah "hidup" kembali dengan fungsi yang jauh lebih banyak dan tampil semakin cantik.

Saat ini, pemirsa saluran You Can Do It dari B&Q dapat mencermati tips-tips Kirstie Allsopp. Salah satu tips yang layak Anda simak adalah membuatan rak dari laci usang berikut ini.

Dalam video selama 3,5 menit, Kirstie Allsopp memandu acara membuat perabot rumah dengan gaya khasnya dan cara bicara beraksen Inggris. Ia memulai acara dengan menerangkan makna membuat sendiri perabotan.

"Artinya pembenahan, pengecatan, pemolesan kembali furnitur Anda, kemudian menempatkan stempel pribadi Anda di atasnya tanpa mempengaruhi lingkungan atau anggaran Anda," kata Allsopp.

Menggunakan laci sebagai rak yang menempel di dinding merupakan hal unik. Proses pembuatannya juga sangat menarik.

Pertama-tama, cek ukuran laci tersebut. Ukuran tinggi laci ini nantinya akan Anda gunakan sebagai dasar rak dinding. Anda tentu memerlukan laci dengan ketinggian cukup.

Setelah itu, semprotkan perekat pada permukaan yang luas dalam laci Anda. Perekat ini berfungsi untuk melekatkan wallpaper di dalam laci. Selanjutnya, tempelkan wallpaper, dan jangan lupa meratakannya.

Sekarang, tiba waktunya melekatkan laci pada dinding Anda. Caranya, buatlah dua lubang kecil pada bagian latar laci Anda. Kemudian, tempelkan laci ke dinding, lalu berikan tanda lewat lubang tersebut untuk menandai di mana Anda ingin menggantung laci.

Gunakan waterpass untuk memastikan Anda tidak memasangnya dengan miring. Gunakan bor dinding untuk melubangi dinding yang sudah Anda tandai.

Pilihlah mata bor berukuran 5 atau 7 mm dan sekrup berukuran panjang sekitar 3,81 cm (1,5 inci). Setelah memasukkan sekrup, gantung laci Anda di dinding. Mudah bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com