Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Cantik dengan Jalan Setapak Beton

Kompas.com - 22/02/2013, 13:24 WIB

KOMPAS.com - Salah satu tips menjaga agar rumah Anda tidak bersuhu terlalu panas adalah membiarkan halaman Anda penuh dengan rumput. Tidak seperti halaman yang tertutup beton, halaman berumput membuat sinar matahari tidak langsung terpantul ke rumah Anda.

Namun, kenyataannya keberadaan beton sebagai teras atau jalan setapak seringkali tidak terelakkan. Berikut ini langkah-langkah mudah menjaga agar sisi berlantai beton di halaman rumah Anda tetap cantik dan menyenangkan:

Pinggir jalan setapak

Langkah pertama, rapihkan sisi-sisi pinggir jalan setapak Anda. Entah Anda memenuhi pinggiran jalan setapak dengan tanaman atau dengan bebatuan, pastikan sisi-sisi jalan setapak Anda teratur. Jika tanaman lebat, rapikan bentuk dan tinggi tanaman tersebut. 

Bersihkan halaman

Sebagai langkah kedua, Anda bisa membersihkan halaman. Bila perlu, sapu seluruh daun gugur di halaman Anda, bersihkan lantai beton dan jalan setapak, dan gosok hingga benar-benar bersih.

Percantik lantai beton

Langkah ketiga, percantik lantai beton Anda. Anda dapat memberikan warna pada lantai beton. Namun, hasilnya akan lebih baik jika Anda memberikan warna ketika beton masih basah.

Aksen marmer

Langkah keempat, buat lantai beton Anda lebih cantik dengan memberikan aksen marmer. Caranya, jangan biarkan lapisan pertama lantai beton Anda mengering sebelum mengecat lapisan kedua.

Aksen air

Langkah kelima, Anda dapat memberikan aksen hanya dengan "bantuan" air. Caranya, semprotkan air pada lapisan beton yang belum mengering. Semprotan air ini akan menekan dua jenis pewarna di atas beton Anda dan membuat aksen menyerupai marmer.

Mengecek 

Langkah keenam, tunggulah sampai lantai beton Anda mengering. Cek bagian yang tidak tertutup pewarna. Jika ada, semprotkan pewarna pada sehelai kain, kemudian dengan menggunakan kain tersebut, warnai bagian tersebut.

Lapisan sealer

Langkah ketujuh, dengan menggunakan roller, berikan lapisan sealer pada lantai beton Anda. Sealer ini dapat menahan warna beton hingga sekitar tiga sampai lima tahun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com