Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tahun Properti, Politik Nanti Dulu....

Kompas.com - 16/02/2013, 12:17 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Penjualan Rumah Sederhana Sehat (RSH) ditaksir akan mengalami peningkatan siginifikan pada 2013 ini. Tahun ini dinilai sebagai "tahun properti" dibandingkan 2014 mendatang.

"Tahun ini diperkirakan masyarakat akan lebih fokus atau berinvestasi pada properti, karena 2014 adalah tahunnya politik, masyarakat akan konsentrasi dengan pemilihan umum legislatif," ujar Suharsono SE, Ketua REI Komisariat Kedu pada pembukaan "Magelang REI Expo 2013" di Atrium Armada Town Square (Artos) Magelang, Jumat (15/2/2013).

Untuk itu, pada tahun ini pula REI Komisariat Kedu menargetkan penjualan mencapai 400 unit atau sekitar Rp 4 miliar. Adapun hunian untuk kalangan menengah ke atas ditargetkan sebanyak 200 unit.

"Target sebanyak itu yakin bisa dicapai mengingat penjualan di 2012 bisa mencapai 524 unit dari 600 rumah sederhana sehat yang dibangun," katanya.

Suharsono mengungkapkan, Kabupaten Magelang merupakan wilayah cukup potensial karena lahannya masih banyak tersedia. Permintaan akan RSH di wilayah tersebut juga dinilai terus meningkat.

"Saat ini masih cukup banyak pengembang yang membangun RSH tipe 36 untuk kalangan menengah ke bawah dengan harga mulai Rp 88 juta dan bisa dicicil hingga 20 tahun," paparnya.

Pihaknya berharap dukungan stakeholders setempat, seperti pemda, BPN, PLN, PDAM dan Perbankan agar mempermudah dengan biaya ringan dan cepat. Sebagai asosiasi para pengembang, REI berkomitmen mengembangkan pemukiman berwawasan ramah lingkungan, salah satunya dengan program minimal satu pohon untuk setiap rumah.

"Program semacam itu diharapkan masyarakat lebih leluasa memilih perumahan sesuai kemampuan dan lokasi yang diinginkan," harapnya.

Rencananya, Magelang REI Expo digelar pada 15-24 Februari 2013 itu. Pameran ini diikuti sebanyak 45 pengembang dari berbagai kota di Kedu dan luar Kedu seperti Semarang, Yogyakarta, dan Banjarnegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com