Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Positif dari Dapur Terang

Kompas.com - 07/02/2013, 16:18 WIB

KOMPAS.com - Terangnya cahaya dapur membawa hal positif pada keluarga yang memilikinya. Bukan hanya terkait fengsui, dapur terang membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah.

Selain itu, terang cahaya dapur juga bisa menjadi tempat bercengkrama bagi seluruh anggota keluarga dengan nyaman. Untuk itu, perlu Anda pastikan cahaya terang ada selalu ada di dapur Anda dengan cara-cara berikut ini: 

Upgrade arsitektur

Rumah-rumah tua umumnya memiliki dapur gelap. Konstruksi rumah menjadi penyebab sinar matahari tidak dapat masuk ke dalam dapur dalam jumlah cukup banyak.

Karena itulah, meningkatkan fitur arsitektur rumah dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk meningkatkan asupan sinar matahari ke dalam dapur yang gelap. Caranya, pasanglah skylight, atrium, atau jendela besar di atas dapur Anda. Namun, jangan lupa segera berkonsultasi pada arsitek Anda.

Selain jendela-jendela besar ini, Anda juga dapat memasang solar tube. Dengan memasangnya, sinar matahari bisa masuk ke dalam dapur Anda lewat tabung. Solusi kedua ini tepat bagi Anda yang memiliki dapur di lantai bawah atau di bawah loteng.

Singkirkan gorden

Solusi lain yang lebih sederhana adalah mencopot gorden yang mampu menyerap sinar matahari. Jika Anda segan melepaskan gorden, ada baiknya Anda memilih bahan gorden tipis dan lebih ringan seperti katun dan linen.

Gunakan cara kreatif

Cara lain untuk membuat dapur Anda lebih terang adalah dengan menggunakan cara kreatif. Gunakan lemari dapur berpintu kaca ganda.

Lemari tembus pandang dapat membuat sinar lampu tidak terhalang. Pilih juga lampu-lampu unik seperti lampu gantung bertema modern. Selain itu, sediakan sumber pencahayaan sebanyak mungkin agar dapur Anda tampak terang.

Optimalkan perabot dapur

Terakhir, maksimalkan perabot yang sudah Anda miliki di dapur. Cat kembali lemari dapur Anda dengan warna lebih terang, menambahkan lampu utama dan lampu ambience. Selain itu, perbarui bantal pada tempat duduk di meja makan Anda, serta taplak meja berwarna terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com