Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keran Air Futuristik, Tangan Kering dalam 12 Detik!

Kompas.com - 06/02/2013, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Bentuk keran ini sebenarnya cukup sederhana dan tak jauh berbeda dari bentuk keran pada umumnya. Namun, ada beberapa hal yang membedakannya dari keran lain.

Salah satu perbedaan besarnya adalah harga keran ini yang mencapai Rp 15,2 juta. Jika Anda menginginkan keran canggih yang mampu melakukan dua hal sekaligus, keran ini dapat menjadi pilihan Anda.

Keran bernama Airblade Tap ini merupakan hasil imajinasi James Dyson, pria yang menciptakan kembali mesin pembersih vakum. Ia menggabungkan solusi mencuci tangan dan pengering tangan dalam satu keran futuristik.

Pertama-tama, pengguna keran ini harus menaruh tangan mereka tepat di bawah saluran air pada keran. Sama seperti keran lain di kamar-kamar mandi pusat perbelanjaan, gerakan ini "memotong" sinar infra-merah dan kemudian memicu mengalirnya air.

Setelah itu, pengguna harus menggeser tangan mereka ke bawah dua "sayap". Gerakan ini akan "memotong" sinar infra merah yang ada pada kanan dan kiri keran. Hasilnya, proses pengeringan tangan cuma butuh 12 detik.

Tanpa sentuhan

Umumnya, perpindahan bakteri terjadi ketika seseorang yang terjangkit flu memegang keran, kemudian keran tersebut terpegang orang lain. Bakteri dapat berpindah dari satu orang ke orang lain dengan sangat mudah.

Namun, dengan keran ini, pengguna tidah perlu menyentuh keran dan pengering tangan sama sekali. Selain pengguna tidak perlu menyentuk keran, keran ini juga dilengkapi dengan filter yang mampu membunuh 99,9 persen bakteri sebelum mengeringkan tangan.

Keran ini memiliki motor berkekuatan penuh bernama V4 yang berada di bagian dasar keran. Motor 1600 watt ini hanya sepanjang 85 mm dan memiliki berat 675 gram.

Seperti dilansir di www.dailymail.co.uk, meskipun berukuran kecil, mesin ini mampu menggerakkan kipas hingga berputar dengan kecepatan 90,000 kali per menit dalam waktu kurang dari 0,7 detik. Hasilnya, kipas ini mampu "menembakkan" 30 liter udara per detik dengan kekuatan 430 mph. Keran kombinasi ini kini menjadi salah satu dari tiga jenis pengering tangan baru yang sedang dikembangkan oleh tim insinyur Dyson di Wiltshire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com