Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Karpet Wol atau Polipropena? Jangan Tertipu!

Kompas.com - 05/02/2013, 15:56 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin sering menemui karpet berbahan dasar wol. Namun, pernahkah Anda mendengar karpet dari polipropilena?

Anda mungkin tidak "mengenal" bahan kimia ini, meskipun tanpa disadari sering menggunakannya. Polypropylene atau polipropilena atau biasa disebut juga dengan polipropena adalah polimer termo-plastik yang digunakan untuk pengemasan, tekstil, alat tulis, dan berbagai keperluan lain.

Seperti dilansir di www.femalefirst.co.uk, menurunnya daya beli penduduk Inggris membuka pilihan-pilihan alternatif atas bahan dasar pembuat karpet.

"Ketika keadaan semakin sulit dan harus mengencangkat ikat pinggang, wajar jika rasanya godaan untuk mencari penutup lantai yang lebih murah semakin kuat," ujar David Cormack, Direktur Marketing Cormat Carpets.

Cormack mengatakan, konsumen seharusnya menyadari, bahwa meski anggaran seringkali menjadi patokan utama, namun nilai keseluruhan dan keawetan juga seharusnya menjadi pertimbangan.

"Bagaimana tampilan karpet dan performa karpet bergantung pada serat yang digunakannya. Bahan akan mempengaruhi keawetannya, kekenyalan, penampilan, penyimpanan, rasa, praktis atau tidaknya, dan harga," ujar Cormack.

Lokasi rumah juga penting. Menurut dia, Anda harus menghubungi penjual karpet terdekat dan tanyakan jangka waktu karpet Anda akan bertahan. Penjual yang baik akan mendiskusikan pilihan-pilihan dengan Anda dan juga menjelaskan keunggulan karpet-karpet.

Karpet wol

Wol adalah serat alami berkualitas sangat baik. Karpet dengan bahan dasar wol akan terasa "membal" dan tidak akan rata meski telah diinjak.

Karpet jenis ini juga akan merespon proses pembersihan karpet profesional dengan baik. Terkadang, karpet wol tidak 100 persen terbuat dari wol. Umumnya, karpet berbahan dasar wol memiliki 10 persen polipropena.

Untuk Anda yang ingin mencari karpet di area-area rumah "berlalu-lintas" tinggi, Anda bisa menggunakan karpet yang memiliki campuran wol. Namun, bagi Anda yang memiliki anak kecil, karpet "plastik" dari polipropena akan lebih cocok.

Karpet wol memang akan bertahan lama. Bentuk dan ketinggian karpet akan terjaga. Meskipun Anda injak, permukaannya yang lembut akan kembali mengembang.

Selain itu, bahan wol merupakan bahan tahan api alami dan ramah lingkungan. Sementara itu, karpet polipropena tahan terhadap noda, mudah dibersihkan, kuat, memiliki warna cerah, dan relatif murah.

Jadi, apa pilihan Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com