Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengusir "Horor" di Tangga Berderit

Kompas.com - 03/02/2013, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Umumnya film horor kerap memunculkan adegan sang korban berjalan melewati anak tangga berbunyi berderit. Tentu, Anda tidak ingin "efek menyeramkan" ini terjadi di rumah Anda, bukan?

Tangga berderit memang sangat mengganggu. Deritan anak tangga umumnya disebabkan oleh longgarnya sambungan anak tangga pada riser. Riser merupakan papan vertikal yang menyatukan bagian belakang anak tangga dengan bagian depan anak tangga di atasnya.

Berikut ini cara menghilangkan bunyi derit anak tangga yang mengganggu. Jangan lupa, jika tangga Anda berkarpet, lepaskan dulu karpet sebelum melakukan langkah-langkah ini. selain itu, jika Anda tidak dapat mengakses bagian bawah tangga, gunakan L-braket untuk mengencangkan anak tangga.

- Pertama-tama, carilah sumber derit. Injak anak tangga satu per satu. Setelah menemukan sumber bunyi, tekan anak tangga ke atah riser yang ada di bagian bawah.

- Mintalah bantuan orang lain untuk menekannya. Ketika orang tersebut tengah menekan anak tangga, buatlah lubang untuk memasukkan skrup atau paku dari anak tangga.

- Gunakan paku berukuran pendek yang tidak melebihi ketebalan anak tangga. Jika lebih panjang, hal tersebut akan membahayakan penggunanya. 

- Terakhir, pasang sekrup atau paku dengan palu atau bor. Pasang banyak sekrup dari balik anak tangga untuk menguatkan.

(Sumber: 101 Tip Membetulkan & Merawat Rumah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com