Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biru, Warna Syahdu Pengusir Penyakit

Kompas.com - 01/02/2013, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Warna biru dikenal sebagai warna pembawa kesejukan dan ketenangan. Lebih dari itu, ternyata warna ini juga memiliki berbagai makna dan efek.

Seperti dilansir di www.houzz.com, salah satu contoh efek hadirnya warna biru di dalam rumah adalah mampu menjadi sarana penyembuhan. Berikut ini fungsi lain penggunaan warna biru menurut situs tersebut:

Penyembuhan

Penduduk Mesir dan China kuno melakukan kromoterapi atau metode perawatan penyakit dengan menggunakan warna. Proses ini kerap dikenal sebagai terapi cahaya atau korologi.

Sampai saat ini, kromoterapi masih digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif. Salah seorang intepreter kromoterapi modern, Edwin Babbitt, dalam bukunya yang ditulis pada 1878 The Principles of Color Therapy mengatakan, bahwa sinar biru adalah salah satu antiseptik terbaik di dunia. Babbit percaya, warna biru dapat mengurangi penyakit dan merawat rasa sakit.

Artikel lain yang dilansir oleh situs tersebut juga mengatakan, bahwa batu lapis lazuli berwarna biru juga membawa kedamaian di dalam hati. Hal ini diperkuat oleh pendapat June McLeod.

June adalah pengarang buku Colors of the Soul. Ia sepakat, bahwa biru membawa kekuatan menenangkan, terutama biru langit. Menggunakan lampu berwarna biru ini mampu menciptakan kamar mandi yang menenangkan.

Darah biru

Masyarakat Mesir kuno menggunakan batu lapis lazulli untuk mewarnai pakaian para anggota kerajaan dan pendeta. Warna ini menandakan status mereka sebagai para dewa. Karena itulah, tidak mengherankan jika penggunaan warna ini dapat memberikan kesan mewah dan berkelas.

Kekuatan menjaga

Penduduk di beberapa wilayah Eropa juga percaya, bahwa mengecat pintu, tangga, pagar, dan eksterior rumah dengan warna biru mampu menjaga penghuni dari hal-hal buruk. Pada 1932, Robert M. Gerard, seorang psikolog asal California mengadakan penelitian yang mencari efek cahaya pada tekanan darah. Penelitian tersebut ia lakukan di rumah sakit New England.

Dalam penelitian itu, ia menempatkan para pekerja di rumah sakit di ruangan bercahaya biru dan sebagian berwarna merah. Hasilnya, mereka yang terpapar cahaya merah memiliki tekanan darah lebih tinggi.

Untuk itulah, tidak ada salahnya Anda menggunakan warna biru yang terkesan "dingin" di kamar Anda. Seimbangkan warna tersebut dengan aksen kayu untuk memberikan sedikit kehangatan.

Diet

Selain kamar tidur, ruangan lain yang cocok Anda berikan warna biru, terutama bagi Anda yang sedang diet, adalah ruang makan. Warna biru bisa menekan selera makan seseorang. Pasalnya, badan kita menerjemahkan warna biru seperti makanan busuk sehingga secara otomatis badan "mengelabui" kita untuk tidak makan lebih banyak.

Menambah kreatifitas

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas British Columbia pada 2009, warna biru menambah kemampuan kita berpikir kreatif. Maka itu, biru cocok Anda gunakan untuk ruang belajar dan kerja.

Anda tertarik warna biru?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com